4 Maskapai yang Gratiskan Biaya Refund dan Reschedule

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 19:30 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi/Foto: iStock

3. AirAsia

AirAsia menawarkan dua pilihan kompensasi bagi penumpang yang tidak dapat tiba di bandara tepat waktu untuk penerbangan dengan keberangkatan dari Jakarta.

Ubah Jadwal

Penumpang bisa memindahkan penerbangan ke tanggal lainnya sebelum 31 Desember 2020 pada rute yang sama hingga 48 jam sebelum waktu keberangkatan. Perubahan penerbangan dapat dilakukan berkali-kali tanpa biaya tambahan, dan tergantung pada ketersediaan kursi.

Akun Kredit

Penumpang bisa mendapatkan saldo akun kredit senilai pembelian tiket sebelumnya. Saldo itu berlaku hingga 730 hari (2 tahun) sejak diterbitkan untuk pembelian tiket berikutnya.

Saldo dapat digunakan untuk pemesanan penerbangan dengan jadwal melebihi masa berlaku selama jadwal penerbangan yang diinginkan telah tersedia. Akun kredit lebih cepat didapatkan dan lebih mudah digunakan untuk pemesanan tiket berikutnya. Jika diperlukan, penumpang dapat menggabungkan saldo akun kredit dengan metode pembayaran lainnya.

4. Lion Air Group

Sama seperti tiga maskapai di atas, Lion Air Group juga menerapkan kebijakan pembebasan biaya refund dan reschedule bagi penumpang yang hari ini kesulitan mencapai Bandara Soetta.

"Apabila penumpang terlambat dan akan melakukan reschedule tidak akan dikenakan biaya," kata Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi detikcom.

Halaman

(das/ara)