Berita Terpopuler Sepekan

Kapan Gelombang 12 Prakerja Dibuka?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 15 Nov 2020 20:30 WIB
kartu pra kerja
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Pendaftaran program Kartu Prakerja sudah sampai gelombang 11 yang ditutup Rabu pekan kemarin. Kapan gelombang 12 Prakerja dibuka?

Pemerintah meluncurkan program Kartu Prakerja bagi masyarakat yang menjadi korban PHK dan ingin meningkatkan skill. Melalui program ini, mereka akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 setiap bulan dan pelatihan online selama 4 bulan.

Lalu, kapan gelombang 12 Prakerja dibuka?

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengaku tidak bisa memastikan apakah ada pendaftaran Prakerja gelombang 12 lagi atau tidak di tahun ini. Namun, dia yakin program akan berlanjut lagi di tahun depan.

Adapun, yang boleh mendaftar di program Kartu Prakerja tahun depan adalah yang belum berhasil lolos di gelombang 1 hingga 11 tahun ini.

"Teman-teman bisa join batch selanjutnya di tahun depan, jadi join batch I di 2021. Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal," ungkap dia dikutip dari CNBC Indonesia.

Sementara itu, dana Kartu Prakerja tahun ini dianggarkan pemerintah sebanyak Rp 20 triliun dengan target 6,6 juta peserta. Anggaran pun telah diatur untuk peserta yang lolos di tahap 1 sampai 11 Prakerja tahun ini.

Sebagai persiapan jadwal gelombang Prakerja 12 dibuka, ada baiknya mengetahui cara daftar Prakerja seperti di bawah ini:

1. Klik www.prakerja.go.id

2. Siapkan Kartu Keluarga dan NIK, masukkan data diri, serta ikuti petunjuk untuk menyelesaikan verifikasi akun

4. Siapkan perlengkapan menulis untuk ikut Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar online

5. Klik Gabung pada kesempatan yang tersedia

6. Tunggu pengumuman hasil seleksi prakerja gelombang 11 melalui SMS.

(toy/dna)