Bos Tokopedia Buka-bukaan soal Suntikan Modal Google dan Temasek

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 18:20 WIB
CEO Tokopedia William Tanuwijaya
Foto: Tokopedia
Jakarta -

CEO & Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya buka suara terkait kepemilikan saham Google dan Temasek di Tokopedia. Hal itu diungkapkannya melalui keterangan di akun instagramnya.

"Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka kepada Tokopedia dan Indonesia," tulis postingan akun @liamtanu yang dikutip detikcom, Jakarta, Senin (16/11/2020).

Dia juga membicarakan mengenai pemerataan ekonomi Indonesia melalui kerja sama Tokopedia dengan Google dan Temasek.

"Kami percaya kerja sama ini bisa mendorong terwujudnya cita-cita Tokopedia untuk menjadi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan, agar dapat terus mengakselerasi transformasi digital dan melakukan pemerataan ekonomi melalui teknologi di Indonesia," tambahnya.

Selain itu, William juga bercerita mengenai generasi transformasi di unggahannya tersebut. Berikut cerita yang dibagikannya:

Dalam setiap tantangan dan krisis yang dihadapi bangsa Indonesia, lahir generasi-generasi penentu yang paling diingat oleh sejarah. Dari para pendiri bangsa Ini, lahirlah generasi kemerdekaan pada tahun 1945, disusul oleh kelahiran generasi reformasi pada tahun 1998.

Dari pandemi ini, kita menyaksikan kelahiran generasi transformasi. Perubahan yang kita alami telah mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Digitalisasi dan teknologi kini bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan.

Dalam 11 tahun terakhir, Tokopedia belum pernah melihat periode transformasi digital secepat dan sepenting saat ini, dan kami terus berupaya semaksimal mungkin sehingga kehadiran Tokopedia bisa membantu masyarakat Indonesia bertahan di era pandemi.

Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka kepada Tokopedia dan Indonesia.

Kami percaya kerja sama ini bisa mendorong terwujudnya cita-cita Tokopedia untuk menjadi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan, agar dapat terus mengakselerasi transformasi digital dan melakukan pemerataan ekonomi melalui teknologi di Indonesia.

Seperti dilansir dari Nikkei Asian Review, disebutkan Google sekarang menguasai saham Tokopedia sekitar 1,6%, sedangkan Temasek melalui Anderson Investments memiliki saham 3,3% di perusahaan e-Commerce yang dinakhodai William Tanuwijaya ini.

Perkiraan kepemilikan saham Google dan Temasek ini berdasarkan dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM tertanggal 4 November 2020.
Adapun, nilai saham yang dipegang raksasa internet di Tokopedia senilai US$ 1,1 juta atau setara Rp 15,5 miliar (kurs Rp 14.102). Sementara Anderson Investment senilai Rp 33,4 miliar.

(hek/eds)