Jualan Kopi di China, McD Gelontorkan Rp 5,3 Triliun

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 11:35 WIB
Pelayan McDonalds Penipuan Harga STC Senayan
Foto: Twitter @jjprofileid
Jakarta -

McDonald's melebarkan sayapnya di pasar China dalam kurun tiga tahun ke depan. Restoran makanan siap saji berjaringan global ini bakal berinvestasi senilai 2,5 miliar yuan atau sekitar Rp 5,3 triliun (kurs Rp 2.147,20/yuan).

Mengutip Antara, Rabu (18/11/2020), CEO McDonald's China Phyllis Cheung mengatakan perusahaan akan menggunakan investasi tersebut untuk membuka gerai McCafe di dalam restoran McD, memperbarui peralatan, dan memberikan pelatihan kepada para karyawan dalam menghadapi meningkatnya permintaan kopi.

Melalui investasi tersebut, akan ada McCafe di semua restoran McDonald's yang tersebar di Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Shenzhen. Kafe tersebut juga akan dibangun di tujuh kota lainnya, termasuk Nanjing, Hangzhou, dan Xiamen.

Perusahaan yang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat tersebut menargetkan lebih dari 4.000 unit gerai McCafe di seluruh wilayah China pada 2023.

McDonald's saat ini sudah memiliki 3.600 unit restoran di seluruh pelosok China sejak pertama kali masuk ke Negeri Tirai Bambu pada 1990. Negara tersebut kini menjadi pasar terbesar kedua McDonald di seluruh dunia.

Pasar kopi di China cukup berkembang pesat. Sebab, gaya hidup masyarakat negara tersebut dari yang biasa minum teh, dalam beberapa tahun terakhir mulai mengalami pergeseran menjadi minum kopi.

(toy/eds)