Gaji Pegawai RI Diramal Tumbuh 3,8% di 2021, Tertinggi di Dunia!

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 11:04 WIB
Ilustrasi THR
Foto: shutterstock
Jakarta -

Gaji para pekerja di kawasan Asia Pasifik diperkirakan akan tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi daripada bagian dunia lainnya pada tahun 2021. Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan tertinggi.

Dilansir CNBC, Jumat (20/11/2020) hal ini terjadi karena para pemberi kerja yakin bahwa kawasan Asia Pasifik bisa bangkit lebih cepat dari pandemi.

Menurut laporan yang dirilis oleh perusahaan konsultan ECA International diperkirakan gaji pekerja di Asia Pasifik akan naik rata-rata 4,3% tahun depan.

Secara global gaji pekerja di Indonesia diprediksi naik paling tinggi. Diperkirakan pertumbuhan gaji di Indonesia pada 2021 sebesar 3,8%.

Kemudian, pertumbuhan gaji tertinggi di peringkat ke dua terjadi di Israel, dengan prediksi kenaikan upah 2,8%. Kemudian ada Singapura dan Thailand di peringkat ketiga dengan prediksi pertumbuhan upah sebesar 2,7%.

Survei Tren Gaji ECA sendiri dibuat berdasarkan pada survei yang dilakukan pada bulan Agustus hingga September terhadap 370 perusahaan multinasional di 68 negara dan berbagai industri.

Direktur regional ECA International untuk Asia Lee Quane, mengatakan kenaikan gaji yang diprediksi signifikan di kawasan Asia Pasifik karena peningkatan berkelanjutan dalam produktivitas di banyak negara Asia, meskipun ada krisis virus Corona.

Secara umum, Asia Pasifik telah menghindari lockdown berkelanjutan yang dialami oleh banyak negara di dunia pada paruh kedua tahun ini. Hal itu dinilai bisa membuka jalan bagi pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

Selain di Asia Pasifik, Indonesia juga merajai pertumbuhan gaji tahun 2021 di dunia.

Adapun berikut ini 10 besar negara di dunia dengan prediksi kenaikan gaji tertinggi di tahun 2021: Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2