Vaksin hingga Keringanan Utang Negara Miskin Dibahas di KTT G20

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 21 Nov 2020 23:03 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). KTT yang digagas oleh Arab Saudi selaku Ketua G20 tahun ini tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan COVID-19. ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr/sgd/aww.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Mengikuti KTT G20 pada Maret 2020/Foto: ANTARA FOTO/MUCHLIS JR
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berlangsung hari ini dan pemulihan ekonomi menjadi tema besarnya. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan hari ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengikuti konferensi secara virtual.

Selain membahas pemulihan ekonomi dan peningkatan lapangan kerja, forum juga akan membahas masa depan yang inklusif, berkelanjutan dan memiliki ketahanan.

"Kepala negara bertukar pikiran dalam upaya menyelesaikan pandemi. Termasuk pembahasan vaksin, sistem kesehatan masyarakat, outlook ekonomi global, perlindungan sosial hingga sistem keuangan global," kata dia dalam konferensi pers virtual, Sabtu (21/11/2020).

Dia mengungkapkan kepala negara G20 ini juga membicarakan tentang cara keluar dari krisis kesehatan dan keterpurukan ekonomi.

"Ada dua hal yang menjadi fokus G20, pentingnya pendanaan bagi pulihnya kesehatan. Dunia tidak akan sehat, kecuali negara-negara sehat, vaksin menjadi amunisi dan ini harus tersedia bagi semua negara tanpa terkecuali," jelas dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pertemuan ini juga fokus membahas terkait finance track. Hal ini karena COVID-19 memberikan dampak yang sangat luar biasa di berbagai negara.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2