Pengusaha Ungkap Kunci Pemulihan Ekonomi 2021: Vaksin dan UU Cipta Kerja

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 10:55 WIB
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani
Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani/Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Kalangan pengusaha mengungkap kunci pemulihan ekonomi di tahun 2021 ada dua, yakni kesuksesan vaksinasi dan Undang-undang (UU) Cipta Kerja.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menjelaskan, vaksinasi terkait dengan konsumsi masyarakat. Terlebih, konsumsi memiliki porsi besar dalam perekonomian Indonesia.

"Dengan vaksinasi ini kalau kita lihat relate-nya ke konsumsi. Kita ketahui konsumsi kurang lebih kontribusinya 56-57% dari perekonomian kita," katanya dalam sebuah diskusi online, Selasa (24/11/2020).

Dia melanjutkan, adanya vaksinasi diharapkan masyarakat akan kembali belanja dan berpergian. Menurutnya, saat ini orang banyak menahan belanja, khususnya masyarakat kalangan menengah atas.

"Padahal kontribusi middle sama top terhadap konsumsi nasional kurang lebih hampir 80% lebih ini yang tidak berjalan sekarang," ujarnya.

Sejalan dengan itu, tabungan di bank terus mengalami peningkatan. Menurutnya, hal itu menunjukkan bank tidak menjalankan fungsinya secara penuh karena sulit melepas kredit.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2