Surya Paloh, Putra Aceh yang Sukses di Bisnis Catering hingga Media

Tim Detikcom - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 11:24 WIB
Ketum Partai NasDem, Surya Paloh memberikan keterangan pers di Yogyakarta, (30/7/2019).
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh terpapar virus Corona (COVID-19) dan tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Namanya tengah bergema di media sosial terkait kabar tersebut.

Surya Paloh saat ini lebih dikenal sebagai politikus. Sebelum mendirikan Partai Nasdem, dia juga mendirikan ormas Nasional Demokrat.

Pria dengan nama panjang Surya Dharma Paloh merupakan anak dari pasangan Daud Paloh dan Nursiah Paloh. Dia lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951 namun besar di Sumatra Utara. Di Medan dia berkembang menjadi seorang pengusaha.

Surya Paloh sudah menjajaki dunia usaha sejak ia masih remaja. Sambil sekolah dia sering berjualan mulai dari karung goni, teh hingga ikan asin yang dia beli dari dua orang sahabatnya.

Dia juga menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Sumatra Utara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sejak muda Surya Paloh memang dikenal aktif berorganisasi.

Meski begitu dia juga pernah merasakan bekerja. Saat masih SMA Surya Paloh sempat bekerja di Travel Biro Seulawah Air Service. Hasratnya berpolitik sama besarnya dengan hasrat menjadi pengusaha.

Surya Paloh pun serius menjalani usaha dengan mendirikan perusahaan yang menjual berbagai jenis jasa. Dia juga diketahui sempat mendirikan perusahaan jasa boga yang kini menjadi perusahaan catering terbesar.

Tak puas dengan kesuksesannya di bidang boga, Surya Paloh melihat ada peluang di bidang usaha media. Awalnya dia mendirikan Surat Kabar HArian Prioritas. Namun medianya itu harus berakhir karena dicabut SIUPP-nya oleh pemerintah.

Namun hal itu tidak membuatnya kapok. Surya Paloh justru semakin bernafsu untuk mengembangkan bisnis media. Pada 1989 dia bekerjasama dengan Yously Syah untuk mengelola Media Indonesia. Dia juga menghidupkan kembali Majalah Vista bersama dengan Achmad Taufik.

Bisnis medianya semakin berkembang. Tak hanya media cetak, Surya Paloh juga memiliki media televisi Metro Tv dan berbagai media online.

(upl/upl)