Pekerjaan Apa yang Paling Banyak Kena PHK? Ini Datanya

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 11:46 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kementerian Ketenagakerjaan merilis hasil kajiannya soal dampak COVID-19 terhadap kesempatan kerja dalam negeri. Hasilnya, 9 dari 10 perusahaan di Indonesia yang mengikuti survei tersebut menyatakan terdampak akibat pandemi COVID-19.

"Dari hasil survei ditemukan bahwa 9 dari 10 perusahaan terdampak COVID-19 atau tepatnya 88% perusahaan terdampak COVID-19 dari sisi persepsi perusahaan sebesar 40,6% menyatakan sangat merugi dan 47,4% menyatakan merugi, kalau digabungkan sebesar 88%, jumlah ini sangat besar sekali," ujar Kepala Barenbang Bambang Satrio Lelono dalam webinar bertajuk Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perluasan Kesempatan Kerja, Selasa (24/11/2020).

Sementara, hanya 0,9% responden yang menyatakan pandemi ini menguntungkan dan sekitar 11% responden yang menyatakan tidak terdampak dengan adanya pandemi COVID-19 ini.

Dari segi dampak, sebanyak 20,3% perusahaan mengalami penurunan produksi, sebanyak 22,8% lainnya mengalami penurunan keuntungan dan 22,8% perusahaan lainnya mengalami penurunan permintaan. Rata-rata penurunan yang dialami di masing-masing dampak tersebut berada di skala 81-100%.

Lalu dari segi sektornya, penyedia akomodasi serta makanan dan minuman yang paling terdampak pandemi COVID-19 mulai dari segi produksi, keuntungan hingga permintaannya. Disusul, sektor real estate, konstruksi, jasa pendidikan, jasa perusahaan, informasi dan komunikasi, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan dan lainnya.

Hal itu membuat para perusahaan tersebut terpaksa menerapkan kebijakan PHK dan merumahkan karyawannya.

"Tindakan apa yang dilakukan perusahaan di masa pandemi dari hasil survei ditemukan perusahaan mengambil langkah merumahkan pekerja dan melakukan PHK," ungkapnya.

Pekerjaan apa yang paling banyak kena PHK? buka halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2