Telkomsel-Gojek Bisa 'Tiki-taka' Kembangkan Ekonomi Digital

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 13:28 WIB
Gojek, Ilustrasi Gojek
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Langkah Telkomsel melakukan investasi ke PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek dinilai tepat untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Kedua perusahaan besar ini dipercaya bisa berkolaborasi dengan baik untuk mengembangkan industri digital.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menilai, Telkomsel mempunyai konektivitas yang luas. Kelebihan itu bisa dimanfaatkan dengan menyasar pasar bisnis digital dari konsumen Gojek.

"Misalnya Telkomsel bisa melakukan promo-promo di konsumennya Gojek," ucapnya kepada detikcom, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya kemitraan dengan Gojek bisa memperluas kapabilitas Telkomsel dalam meningkatkan layanan dan platform digitalnya. Para pelaku pasar menilai lebih jauh dari aksi korporasi yang dilakukan Telkomsel.

"Sebenarnya aspek kolaborasi antara data yang ada di Gojek dan apa yang dibutuhkan Telkom dan telkomsel. Nah itu yang menyebabkan pelaku pasar melihat ada nilai tambah," ucapnya.

Selain itu menurut Hans suntikan modal ke Gojek juga bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan strategi bisnis baru untuk mendongkrak pendapatan. Apa lagi menurut Hans saat ini bisnis super aplikasi seperti Gojek masih terus meroket. Bahkan di tengah pandemi kebutuhan penggunaan aplikasi Gojek semakin tinggi,

"Gojek itu trend-nya semakin naik. Di sisi lain Telkom menguasai bisnis data. Jadi ada perpaduan yang baik," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Telkomsel ikut dalam penanaman investasi ke Gojek sebesar Rp 2,1 triliun. Dalam kolaborasi ini, Gojek dan Telkomsel akan memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara, sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Kerja sama ini akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat Indonesia di seluruh nusantara. Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerja sama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

(das/dna)