Tolak Miskin

Podcast: Galakan yang Ngutang dari yang Punya Uang, Bisa Apa?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 09:15 WIB
Podcast: Galakan yang Ngutang dari yang Punya Uang, Bisa Apa?
Foto: Tim Infografis/Zaki Alfarabi
Jakarta -

Urusan utang-piutang sering kali berujung jadi masalah serius. Bukan hanya hubungan pertemanan ataupun persaudaraan yang putus, dalam kasus yang ekstrem beberapa kali terjadi pembunuhan.

Kasus seperti itu yang terbaru menimpa seorang vlogger Emy Listiyani. Wanita berusia 26 tahun itu ditemukan tewas di semak-semak dekat Jalan Pramuka, Kota Semarang.

Emy menjadi korban pembunuhan. Dia dibunuh oleh seorang pria yang memiliki utang kepada Emy sebesar Rp 11 juta. Pelaku saat ditagih ternyata tidak memiliki uang. Gelap mata akhirnya pelaku membunuh Emy yang datang untuk menagih haknya.

Kasus ini bukanlah satu-satunya. Sudah sering terjadi kasus pembunuhan yang dilakukan dengan alasan ditagih utang. Seperti apa baiknya menyikapi orang yang berutang dengan kita? Bagaimana cara yang baik menagih utang agar tak berujung ngenes seperti yang sudah-sudah?

Selengkapnya dengarkan obrolannya di podcast Tolak Miskin episode 36: Galakan yang Ngutang dari yang Punya Uang, Kita Bisa Apa? Klik widget di bawah ini atau dengarkan langsung Tolak Miskin di Spotify.

(eds/eds)