Labuan Bajo Khusus Wisata Premium, Turis Kantong Kempes Minggir Dulu

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 13:29 WIB
Puncak Waringin adalah proyek pembangunan Labuan Bajo yang jadi destinasi super prioritas. Sudah sejauh mana ya garapannya?
Foto: Melissa Bonauli
Jakarta -

Pemerintah sudah memetakan lebih rinci dari pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP). Pemetaan itu termasuk pembagian target level dari turis yang datang.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan untuk Tana Mori, Labuan Bajo akan menjadi tujuan pariwisata premium. Targetnya adalah turis kelas atas.

"Ini yang mungkin membedakan Mandalika, Labuan bajo dan lain-lain. Karena kalau tidak ada pembedanya akhirnya bukan menjadi sesuatu yang menarik. Jadi Labuan Bajo akan dengan green-nya, dengan perium destination-nya," ucapnya dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pengembangan 5 DPSP, Jumat (27/11/2020).

Sementara untuk Likupang, Sulawesi Utara akan dikembangkan dengan target turis menengah seperti wisatawan dari China. Dengan jarak tempuh menggunakan pesawat yang hanya sekitar 3 jam dari negaranya, diharapkan wisatawan China banyak berkunjung ke Likupang.

"Karena cuma 3 jam jaraknya, kita harapkan yang dari China di sana saja (Likupang), karena middle market. Di sana juga kategorinya ada ruang terbuka, danau dan lain-lain. Karena setelah COVID-19 memang tujuan pariwisata agak berbeda selain ada kerumunan juga ada wisata alam," terangnya.

Sedangkan untuk Mandalika, targetnya adalah wisatawan muda. Sebab pengembangannya cenderung wisata yang berbau olahraga. Nantinya di kawasan ini juga akan dibuat perguruan tinggi kejuruan.

"Selain ada sirkuit juga tempat paralayang. Nah di sini nanti kita tambahkan education hub. Kita terapkan KEK di Mandalika. Untuk education hub kita utamakan sekolah-sekolah yang ada hubungannya dengan hospitality, apakah itu, makanan, chef dan lain-lain. Bukan universitas besar, tapi fakultasnya menjurus," tutupnya.



Simak Video "Destinasi Favorit yang Akan Jadi Super Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)