Terpopuler Sepekan

Gurita Bisnis JK yang Bikin Takjub

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 28 Nov 2020 11:45 WIB
Founder & Chairman CT Corp, Chairul Tanjung resmi dilantik menjadi dewan kehormatan PMI 2019-2024. Berikut foto-foto momennya.
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sempat mengomentari isu-isu politik yang terjadi beberapa waktu terakhir. JK adalah tokoh bangsa yang pernah menduduki jabatan wakil presiden sebanyak dua kali, pertama di era SBY dan lalu era Jokowi.

JK merupakan seorang pengusaha yang memiliki 'gurita bisnis' bernama Kalla Group. Perusahaannya ini memiliki 36 jenis usaha mulai dari percetakan hingga tukang cukur. Meskipun banyak, usahanya tidak selalu berjalan mulus.

Di bidang otomotif, Kalla Group ini memiliki merek dagang di kawasan Indonesia Timur melalui bendera PT Hadji Kalla (Kalla Toyota). Menurut JK, penjualan merek Toyota ini lebih dulu dilakukan Kalla Group dibanding Astra.

Bisnis Kalla Group juga meliputi usaha baja, semen, dan tekstil. Pada tahun 1964, saat Indonesia diterpa krisis ekonomi dan inflasi besar-besaran, bisnis tersebut ikut terkena imbasnya dan hampir bankrut. JK muda yang baru saja bergabung saat itu memutar otak mencari bisnis lain yang lebih berkembang di masa depan.

"Saat saya masuk, pegawai tinggal satu. Saya lihat kebutuhan mobil pasti akan meningkat terus. Saya surat dan kunjungi Toyota dan akhirnya jadi dealer di Sulawesi," ungkap JK di Makassar dikutip dari pemberitaan detikcom edisi (11/11/2018).

Selanjutnya
Halaman
1 2