Sri Mulyani ke Pelajar: Kalau Jadi Youtuber Jangan Lupa Bayar Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 16:00 WIB
Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran BPJS Kesehatan yang baru sebesar Rp 160.000 per bulan per jiwa untuk kelas 1.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada seluruh pelajar Indonesia untuk membayar pajak jika sudah mendapatkan penghasilan. Dia menyebut penghasilan yang didapat anak-anak misalnya jadi seorang Youtuber pun harus bayar kewajiban pajaknya.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Hari Mengajar Kementerian Keuangan Mengajar ke-2 tahun 2020 secara virtual. Acara ini diikuti oleh 84 sekolah di seluruh Indonesia.

"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak, kalau bisa bekerja, bahkan nggak usah besar, sekarang anak kecil yang bisa jadi bintang, bisa dapat pendapatan dari YouTube (Youtuber), itu jangan lupa tetap bayar pajak," kata Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).

Pajak yang dibayarkan tersebut, dikatakan Sri Mulyani akan digunakan atau dikelola kembali oleh pemerintah untuk menjalankan tugas negara. Mulai dari membangun infrastruktur jalan, internet, hingga membangun sekolah-sekolah baru ke depannya.

"Bukan untuk Sri Mulyani, untuk negara kita. Untuk bayar sekolah, jalan, listrik, telepon, internet, butuh pembiayaan luar biasa," jelasnya.

Dalam program Kementerian Keuangan mengajar, Sri Mulyani mengaku tidak pernah sekalipun mendengar langsung cita-cita para pelajar di Indonesia yang ingin menjadi Menteri Keuangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2