2 Maskapai AS Setop Sementara Penerbangan Nonstop ke Shanghai

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 13:49 WIB
Maskapai asal Hong Kong Cathay Pacific Airways Ltd akan pangkas 6.000 pekerja. Perusahaan juga akan tutup anak usahanya Cathay Dragon imbas pandemi Corona.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Jakarta -

Maskapai asal Amerika Serikat American Airlines dan United Airlines menghentikan rencana untuk mengoperasikan penerbangan nonstop dari AS ke Shanghai. Rencana itu diberhentikan sebab masih adanya pembatasan akibat COVID-19 di Shanghai

Dikutip dari CNBC, Rabu (2/12/2020) rencana American Airlines mengoperasikan kembali penerbangan nonstop dari AS ke Shanghai dan sebaliknya harusnya dilakukan bulan ini. Penerbangan dengan adanya transit di Seoul, Korea Selatan juga tetap beroperasi.

Penerbangan nonstop ini merupakan jalan keluar bagi orang AS yang sejauh ini membutuhkan waktu lama untuk terbang ke Shanghai sebab harus melakukan transit terlebih dahulu. Namun, penerbangan nonstop itu tampaknya belum terealisasikan. Tetapi, penerbangan dengan adanya transit di Korsel tetap ada.

"Kami senang dengan keputusan itu dan berharap untuk melanjutkan dialog untuk memastikan bahwa ketika kami melanjutkan penerbangan, itu demi kepentingan terbaik Amerika dan pilotnya," kata Dennis Tajer, Kapten American Airlines Boeing 737 dan juru bicara Allied Pilots Association.

United Airlines sendiri mengatakan telah menambahkan perhentian di Seoul pada layanan San Francisco ke Shanghai.

"Karena perubahan dalam kondisi operasi, kami menyesuaikan layanan antara San Francisco dan Shanghai untuk sekarang termasuk pemberhentian di Seoul, Korea Selatan untuk pergantian kru seperti yang kami lakukan awal tahun ini," kata United

Saat dimintai konfirmasi mengenai kabar ini Kedutaan Besar China di Washington dan Departemen Perhubungan AS tidak segera menanggapi permintaan komentar.

(fdl/fdl)