Golden Truly Tutup, Begini Kejayaannya di Masa Lalu

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 15:30 WIB
golden truly
Golden Truly/Foto: Dok. CNN Indonesia
Jakarta -

Kabar menyedihkan datang dari Golden Truly yang memutuskan menutup gerainya dan beralih ke online di beberapa e-commerce. Pusat perbelanjaan (mal) yang berlokasi di Gunung Sahari, Jakarta Pusat itu tutup gerai per 1 Desember 2020.

Tutupnya mal di pusat ibu kota itu membuat tidak ada lagi gerai yang tersisa. Mengutip laman resmi Golden Truly, Rabu (2/12/2020), lokasi mal Golden Truly hanya tersisa di Jalan Gunung Sahari Nomor 59, Jakarta Pusat yang kini sudah tutup.

Jika menilik ke belakang, Golden Truly punya sejarah yang panjang. Dia dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ritel sejak 1981. Sejak diambil alih pada tahun 2000 oleh PT Golden Retailindo Tbk (GOLD), perusahaan memfokuskan pada pengembangan department store dan mal hingga saat ini.

Golden Truly sempat menjadi salah satu primadona tempat berbelanja maupun hiburan bagi warga Jakarta. Bagi penghuni Jakarta sejak era 1990-an, pasti tahu kan mal legendaris ini?

Saat itu, Golden Truly memiliki banyak cabang dan bisa ditemui di beberapa tempat seperti Fatmawati, Sudirman, Tendean, Gunung Sahari, Depok, serta Blok M. Namun pamornya terus tergerus oleh ragam mal di ibu kota seperti Grand Indonesia, Senayan City, Kota Kasablanka, dan lainnya.

Tidak hanya di Jakarta, Golden Truly juga sempat memiliki gerai di beberapa kota seperti di Mall Batam City Square (BCS), Depok, hingga Bumi Serpong Damai (BSD), namun satu per satu gerainya tutup.

GOLD juga berganti nama menjadi PT Visi Telekomunikasi setelah melepas kepemilikan Golden Truly dan mengubah portofolio bisnisnya ke sektor infrastruktur pada 2016. Kondisi keuangan Golden Truly yang merugi menjadi alasan GOLD melepas mal dan department store tersebut.

Keputusan untuk ditutupnya Golden Truly mengundang kesedihan tersendiri bagi pengunjung setianya. Hal itu disampaikan lewat komentar di sosial media perusahaan.

"Selalu akan ada fans berat Golden Truly... You will always be in our memory.. Keseruan jaman sekolah.. Semua akan selalu teringat di kalangan pengunjung setia GT Gunung Sahari.. Byeee GT, thanks for the memories...," kenang salah satu pengunjung.

(ara/ara)