Di Depan Investor Migas, Airlangga: Ekonomi RI Telah Lewati Titik Terendah

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 10:09 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (4/9/2020). Rakor tersebut membahas penanganan COVID-19 di Indonesia, salah satunya yakni Pemerintah telah menganggarkan Rp3,3 triliun untuk pembayaran uang muka pengadaan vaksin. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan perekonomian Indonesia sudah berhasil melewati titik terendah akibat dampak pandemi COVID-19 yang sudah terjadi sejak Maret 2020.

Hal itu diungkapkan saat menjadi pembicara kunci di acara 2020 International Convention on Indonesia Upstream Oil and Gas yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Titik terendah perekonomian nasional yang sudah dilewati, kata Airlangga, terlihat dari realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III yang minus 3,49%. Meski minus, namun ekonomi pada kuartal III masih lebih baik dibandingkan kuartal II yang minus 5,32%.

"Pemerintah menilai (ekonomi) kita telah berhasil melewati titik terendah dalam perekonomiannya dan ini tercermin dalam pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi 3,49%," kata Airlangga.

Dia mengungkapkan, titik balik perbaikan ekonomi nasional juga tidak lepas dari kebijakan-kebijakan pemerintah yang responsif dan adaptif dalam menangani pandemi COVID-19.

"Dalam upaya penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional intervensi pemerintah dalam penanganan kesehatan telah mendorong kepercayaan yang kemudian berhasil menggerakkan konsumsi masyarakat dan investasi swasta," jelas Airlangga.

Apa lagi kata Airlangga? klik halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2