ADVERTISEMENT

Jurus Jokowi Agar Proyek Food Estate Tak Gagal Seperti di Era Soeharto

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 16:26 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) meninjau lahan yang akan dijadikan Food Estate atau lumbung pangan baru di Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kedua, lanjut Moeldoko, pemerintah menyiapkan jalur produksi yang baik dengan mementingkan efisiensi yang tinggi. Kementerian Pertanian ditugasi menyiapkan proses budidayanya.

"Bagaimana mengelola lahannya, karena ini mekanisasi semuanya. Berikutnya bagaimana menyiapkan benihnya, pupuknya, karena di sana ada kelompok tani dengan CPCL (Calon Petani dan Calon Lokasi) mereka bisa mengajukan kepada Kementerian Pertanian dan ini sudah berjalan," terangnya.

Selain itu program Food Estate ini kata Moeldoko bukan hanya melibatkan para petani tapi juga teknologi dalam pengelolaannya.


(das/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT