NASA Bayar Perusahaan US$ 1 untuk Ambil Ini dari Bulan

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 04 Des 2020 23:25 WIB
as16-116-18573 thru as16-116-18581
Foto: NASA: Foto panorama misi NASA di bulan
Jakarta -

NASA akan membayar perusahaan yang berbasis di Colorado US$ 1 untuk mengumpulkan sampel regolith dari bulan. Melansir BBC, Jumat (4/12/2020), perusahaan itu adalah Lunar Outpost, satu di antara empat perusahaan yang mendapat kontrak untuk mengambil regolith atau tanah bulan untuk badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu dengan total kontrak US$ 25.001.

NASA akan menggunakan tanah dalam program Artemis yang bertujuan untuk mengirim pria dan wanita berikutnya ke bulan pada tahun 2024. Mereka juga mencoba untuk membangun model bisnis untuk ekstraksi, penjualan dan penggunaan sumber daya di luar Bumi.

Lunar Outpost yang berbasis di Colorado, sebuah perusahaan robotika akan mengumpulkan batu dari kutub Selatan bulan.

"Rencananya misi tersebut akan berlangsung pada tahun 2023, tetapi kami sedang bekerja dengan beberapa perusahaan pendarat yang berbeda, yang dapat menghasilkan tanggal peluncuran yang lebih awal," kata CEO Lunar Outpost Justin Cyrus kepada BBC.

Biaya tersebut bukanlah motivasi bagi perusahaan tersebut. Diharapkan ada banyak manfaat ilmiah untuk misi tersebut, seperti memungkinkan perusahaan berlatih mengekstraksi sumber daya dari permukaan bulan. Cyrus menyebutnya pergeseran paradigma dalam cara berpikir masyarakat tentang eksplorasi ruang angkasa.

"Ya, $ 1 akan datang dalam tiga kali angsuran kecil tapi penting, yaitu $ 0,10, $ 0,10, dan $ 0,80," canda Cyrus.

Langsung klik halaman selanjutnya.