Keterbatasan Data Sering Bikin Kapal Kosong Muatan, Begini Solusinya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 06 Des 2020 12:48 WIB
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). Selama Januari 2020, ekspor nonmigas ke China mengalami penurunan USD 211,9 juta atau turun 9,15 persen dibandingkan bulan sebelumnya (mtm). Sementara secara tahunan masih menunjukkan pertumbuhan 21,77 persen (yoy).
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Seperti yang dilansir oleh Thomas L Friedman dalam kutipan dari New York Times yaitu "World is Flat", dikatakan kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi digital. Semua saling terhubung dengan adanya internet. Ditambah lagi, dengan adanya pandemi saat ini, membuat banyak orang semakin menyadari perkembangan teknologi digital yang begitu pesat.

Seperti dalam hal berbisnis pada umumya, yang biasanya kita sebut dengan bisnis konvensional atau lebih sering dikenal dengan bisnis offline, dimana semua kegiatan bertransaksi dilakukan secara langsung, dengan bertatap muka. Namun di era digital sekarang ini, terutama dengan adanya Pandemi yang berlangsung, membuat banyak perusahaan bertransformasi menjadi bisnis berbasis online.

Di era teknologi digital saat ini, KlikKapal hadir sebagai platformbaru buatan Indonesia yang pintar, dengan inspirasi dan inovasi terkini untuk Industri Transportasi Laut, yang memungkinkan para Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo untuk bertemu dan bekerja sama dengan mudah melalui aplikasi di genggaman tangan. KlikKapal juga menjadi pelopor aplikasi digital terintegrasi yang mempertemukan Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo untuk memberikan benefit atau keuntungan bagi kedua pihak.

"Platform ini ditujukan untuk Perusahaan Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo, karena ada kecenderungan dari pemilik Kapal dimana armadanya itu tidak berlayar, atau kapal berlayar tanpa kargo. Dan disitulah kami melihat bahwa adanya peluang untuk bisa meningkatkan utilitas kapal daripada Pemilik armada Kapal. Dan dari sisi Pemilik Kargo, hal ini pasti meningkatkan efektifitas untuk membantu mengirimkan kargonya, karena selama ini data kapal yang dimiliki biasanya terbatas. Di sinilah KlikKapal melihat adanya peluang untuk bisa mempertemukan Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo tergabung dalam satu aplikasi atau platform. Sehingga diharapkan efektivitas dari segi waktu dan biaya bisa menjadi lebih efisien," Ujar Yenywati Ngadimin selaku Direktur PT Klik Kapal Indonesia.

Jadi sekarang, tidak butuh waktu lama bagi Pemilik Kargo untuk mendapatkan kapal sesuai kebutuhannya, dan bagi Pemilik Kapal dapat secara langsung menawarkan armadanya ke Pemilik Kargo, hanya dengan melalui registrasi online. Cara kerjanya pun sangat simpel. Dengan mendaftarkan perusahaan dan armadanya, Pemilik Kapal dapat mengirimkan kapalnya dan mengembangkan armada digitalnya sendiri di KlikKapal dengan mudah.

Lalu, sebagai Pemilik Kargo juga harus mendaftarkan perusahaannya terlebih dahulu, setelah itu baru dapat membuat dan mempublikasikan pesanan pengiriman Anda secara online, Kapanpun dimanapun. Setelah itu, Pemilik Kapal dapat menelusuri dan memberikan penawaran dalam pesanan pengiriman yang tersedia, yang dibuat oleh Pemilik Kargo.

Dan Pemilik Kargo akhirnya dapat memilih kandidat terbaik dari perusahaan pelayaran untuk mengirimkan barangnya sesuai dengan penawarannya. Melalui aplikasi, Pemilik Kargo juga dapat memantau lokasi dan kemajuan kapal setiap hari melalui dashboard KlikKapal.

"Seperti halnya aplikasi ojek online yang marak di gunakan untuk mengirimkan paket secara instan, kurang lebih seperti itulah KlikKapal dalam menyediakan kemudahan bagi si Pemilik Kargo untuk mengirimkan barang atau kargonya, dan bagi si Pemilik Kapal supaya Armadanya dapat di gunakan secara efisien untuk berbisnis." Tutup Yenywati Ngadimin.

Rasakan kemudahan berbisnis secara online dengan skema bisnis yang transparan bagi Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo melalui platform KlikKapal dan juga dapatkan keuntungan langsung dalam setiap bertransaksi. Platform tersebut sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store yang artinya dapat langsung digunakan bagi Pemilik Kapal dan Pemilik Kargo untuk memulai bisnis bersama #KlikKapalDimanaSaja Atau untuk info selengkapnya, dapat langsung mengunjungi www.klikkapal.com

(dna/dna)