Usai Ikut Kartu Prakerja, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Jual Brownies

nur - detikFinance
Selasa, 08 Des 2020 11:15 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Oktifiana Resti (30) merupakan ibu rumah tangga dan salah satu peserta Kartu Prakerja gelombang ke lima. Ia mengaku telah merasakan manfaat dari berbagai program pelatihan hasil kurasi Tokopedia sejak Agustus 2020.

"Pandemi sangat berdampak pada ekonomi keluarga, terlebih pada suami saya yang bekerja di bidang perhotelan. Jadi ketika mendapatkan kesempatan mengikuti program Kartu Prakerja, saya berusaha memanfaatkannya semaksimal mungkin dan berharap ada sesuatu yang bisa dilakukan pascapelatihan untuk membantu menstabilkan finansial keluarga saya," ungkap Resti dalam keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020).


Dalam waktu hampir lima bulan, Resti telah mengikuti berbagai kelas, seperti kelas ilustrasi, baking class dan pelatihan menjadi barista. Di setiap pelatihan, ada mentor berpengalaman yang mengirimkan materi untuk peserta.

Ia mengatakan disediakan pula wadah diskusi khusus usai pelatihan yang bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi dan konsultasi. Setelah mengikuti sejumlah kelas, Resti memberanikan diri memulai bisnis browniesnya 'Gawekitchen' pada Oktober 2020.

"Usaha saya ternyata mendapat respons baik dari teman-teman dan masyarakat. Alhamdulillah sekarang melalui Gawekitchen, saya bisa ikut membantu menstabilkan finansial keluarga yang terdampak pandemi," kata Resti.

Resti pun membagikan tips agar dana insentif Kartu Prakerja bisa cepat dicairkan, "Ikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan benar, jangan menunda memberikan ulasan dan penilaian agar sertifikat segera diterbitkan. Manfaatkan dan habiskan saldo pelatihan sebelum batas waktu yang ditentukan."


Sementara itu, Sales Operation & Product Senior Lead (Digital Goods) Tokopedia, Jonathan Gilbert Tricahyo mengatakan Tokopedia yang selama ini berperan sebagai penghubung antara penyedia kelas/pelatihan daring Kartu Prakerja dengan masyarakat yang membutuhkan, mengungkap tingginya antusiasme peserta akan program besutan Kemenko Bidang Perekonomian RI ini.

"Kelas atau pelatihan terkait kewirausahaan, makanan dan minuman, serta pemasaran online menjadi yang paling diminati masyarakat," ujarnya.

TokopediaTokopedia Foto: Tokopedia

"Kolaborasi antara Tokopedia dengan pemerintah di program Kartu Prakerja diharapkan bisa membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap kebutuhan pendidikan demi meningkatkan kompetensi dan produktivitas masyarakat dalam beradaptasi terutama di tengah pandemi ini," tambah Jonathan.

Program Kartu Prakerja 2020 segera berakhir pada 15 Desember 2020 pukul 23.59 WIB, maka seluruh peserta wajib mengikuti dan menyelesaikan pelatihan serta memberikan ulasan sebelum batas waktu tersebut. Informasi lebih lanjut terkait program Kartu Prakerja bisa cek https://www.tokopedia.com/kartu-prakerja.

(mul/ega)