Vaksin Corona Ciptakan Orang Kaya Baru, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Vaksin Corona Ciptakan Orang Kaya Baru, Ini Daftarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 08:36 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Kehadiran vaksin Corona mengerek harga saham sejumlah perusahaan bioteknologi. Hal itu membuat para miliarder baru bermunculan.

Seperti dikutip dari CNBC, Kamis (10/12/2020), saham BioNTech yakni perusahaan bioteknologi Jerman yang bermitra dengan Pfizer telah memberikan tambahan kekayaan sebesar US$ 4 miliar untuk CEO dan pendirinya, Ugur Sahin. Ia sekarang tercatat sebagai orang terkaya ke-451 dunia menurut Bloomberg Billionaire Index dengan kekayaan US$ 5,5 miliar.

Dua investor awal BioNTech yakni kembar Jerman, Thomas dan Andreas Strungmann juga mendapat tambahan sebanyak US$ 8 miliar ke kekayaan bersih mereka tahun ini. Hal itu membuat kekayaan masing-masing bernilai US$ 12,7 miliar.

Kondisi para pendiri perusahaan obat yang menghasilkan miliaran ini berbanding terbalik dengan jutaan orang Amerika yang tetap menganggur dan menderita efek kesehatan. Hal itu pun menuai kritik.

"Tidak ada yang menyesali perusahaan obat karena mendapatkan keuntungan yang wajar dari vaksin ini," kata Chuck Collins, direktur Program on Inequality and the Common Good di Institute for Policy Studies.

"Tapi memiliki beberapa orang yang mengambil keuntungan miliaran sementara pekerja penting mempertaruhkan nyawa, kesehatan dan mata pencaharian mereka, merusak solidaritas yang mendalam dan pengorbanan bersama bagi kita untuk mengatasi musim dingin yang menyakitkan ini," paparnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT