Rusia Setop Impor Tomat Azerbaijan, Kenapa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 08:57 WIB
Tomat untuk skincare alami
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae

Tomat Azerbaijan menyumbang lebih dari 30% buah yang dipasok ke Rusia. Azerbaijan adalah bagian dari Uni Soviet sampai memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1991 dan Rusia telah lama menjadi mitra dagang penting bagi negara berpenduduk hampir 10 juta orang itu. Produk minyak bumi adalah ekspor utama Azerbaijan.

Untuk diketahui, pertempuran pecah pada 27 September antara Armenia dan Azerbaijan. Tetapi, itu adalah serangkaian pertempuran kecil dan perang sejak akhir 1980-an. Kedua negara tidak pernah menyelesaikan sengketa wilayah Nagorno-Karabakh.

Wilayah itu adalah bagian dari Azerbaijan tetapi penduduknya mayoritas Armenia dan sebagian besar dikuasai oleh Armenia. Azerbaijan adalah mayoritas muslim dan memiliki hubungan dekat dengan Turki, sedangkan Armenia sebagian besar beragama Kristen dan bersekutu dengan Rusia.

Setelah enam minggu, pertempuran berhenti pada akhir November ketika kedua belah pihak setuju untuk menandatangani kesepakatan perdamaian yang ditengahi Rusia. Azerbaijan menguasai beberapa daerah yang akan dipegangnya, dan Armenia berjanji untuk menarik pasukan dari mereka.

Halaman

(acd/ara)