Jusuf Kalla: Kita Mengalami Kesulitan Sudah Hampir Setahun

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 20:45 WIB
jusuf kalla
Foto: Faiq Azmi
Jakarta -

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan pandemi COVID-19 membuat semua penduduk di Indonesia maupun dunia kesulitan selama hampir satu tahun.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara kunci di acara CNBC Indonesia Award 2020 secara virtual, Kamis (10/12/2020). Pandemi COVID-19 di Indonesia sendiri mulai terjadi sejak Maret 2020

"Inilah yang terjadi dalam ekonomi, kita mengalami kesulitan sudah hampir setahun," kata JK.

Krisis sosial, ekonomi, maupun sektor keuangan, dikatakan JK disebabkan karena krisis kesehatan yang terjadi pertama kali du Wuhan, China. Setelah beberapa bulan terjadi pandemi, JK menilai saat ini sudah ada titik terang bagi ekonomi kembali ke jalur pertumbuhan.

Salah satu tren pembalikan ekonomi ini harus diiringi dengan berbagai upaya yang mampu memutus rantai penyebaran COVID-19. Salah satu upayanya, dikatakan JK adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun atau 3M.

"Dalam kesulitan ini selalu kita mengatakan tidak ada orang yang sehat tanpa semua sehat, artinya adalah kebersamaan. Kebersamaan kita dalam kesulitan tentu kebersamaan kita untuk bangkit kembali," jelasnya.

Menurut JK, disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti 3M harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat terbawah, pengusaha, maupun pejabat tinggi negara.

"Kita tahu semua upaya 3M, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan, itu upaya pokok yang harus dilaksanakan oleh semua pihak, siapa saja tidak memandang apa jabatannya, tidak memandang apa tingkatannya, tidak memandang apapun semua harus jalankan disiplin diri seperti itu," ungkapnya.

(hek/dna)