Sudah Login eform.bri.co.id untuk Cek Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta?

Rosmha Widiyani - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 21:53 WIB
Tangkapan layar e-form BRI
Foto: BRI/Sudah Login eform.bri.co.id untuk Cek Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta?
Jakarta -

Pemerintah menyediakan bantuan bagi UMKM yang kesulitan modal akibat COVID-19. Bantuan UMKM Rp 2,4 juta disalurkan Kementerian Koperasi dan UKM melalui beberapa bank penyalur yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri.

Seluruh pemilik usaha bisa mengakses bantuan UMKM Rp 2,4 juta. Namun UMKM harus diusulkan Dinas Koperasi dan UKM setempat, koperasi yang telah disahkan badan hukum, kementerian/lembaga, dan perbankan terdaftar OJK.

Bagi yang sudah mengajukan diri dan diusulkan, bisa mengecek apakah telah menerima bantuan. Minimal ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek apakah telah menerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta. Tentunya cara ini sangat mudah

Cara cek penerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta:

1. Login ke eform.bri.co.id

Cara pertama adalah login https://eform.bri.co.id/bpum bagi UMKM yang menggunakan BRI. Pemilik UMKM akan masuk ke laman Cek Penerima BPUM dengan kolom Nomor KTP dan Kode Verifikasi yang masih kosong.

Penerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta selanjutnya mengisi kolom yang kosong dan klik Proses Inquiry. Bank akan memberi informasi prosedur selanjutnya bagi yang menerima bantuan tersebut.

2. Menerima SMS dari bank penyalur

Dikutip dari situs Kementerian Koperasi dan UKM, penerima bantuan akan menerima pesan singkat (SMS) dari bank penyalur. Penerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta wajib segera melakukan verifikasi ke bank penyalur.

Makin cepat verifikasi dilakukan, dana segera cair dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan UMKM. Penerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta tak perlu khawatir jika tak punya rekening di bank penyalur. Pihak bank akan membantu membuatkan rekening saat pencairan bantuan.

Bantuan UMKM Rp 2,4 juta berakhir kapan?

Dalam situsnya Kemenkop UKM menjelaskan, bantuan UMKM Rp 2,4 juta akan disalurkan hingga September 2020. Usulan bantuan akan langsung ditutup bila kuota sudah terpenuhi.

Namun pemerintah mempertimbangkan untuk memperpanjang program bantuan UMKM Rp 2,4 juta hingga 2021. Keadaan ekonomi mungkin lebih baik dibanding 2020 namun masih sangat sulit bagi UMKM, untuk kembali produktif seperti sebelum pandemi.

"Sedang dievaluasi tetap dilanjutkan tahun depan karena mungkin di kuartal I (2021) keadaan ekonomi sudah lebih baik. Tapi masih sulit lah kalau untuk usaha mikro," kata Menkop UKM Teten Masduki pada webinar yang dikutip Jumat (13/11/2020).

Bantuan UMKM Rp 2,4 juta menyediakan kuota bagi 12 juta pelaku usaha mikro. Namun antusiasme pelaku UMKM ternyata sangat tinggi, sehingga jumlah pendaftar mencapai 28 juta. Program ini sangat bermanfaat bagi UMKM yang belum punya akses permodalan ke bank.

(row/pal)