Supermarket Ini Siap Distribusikan Vaksin Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 11 Des 2020 14:21 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch
Jakarta -

Supermarket Walmart menyatakan siap untuk mendistribusikan vaksin Corona ke seluruh wilayah setelah disetujui. Pimpinan Petugas Medis Walmart, Dr. Tom Van Gilder mengatakan 5 ribu toko dan toko di Sam's Club siap menerima vaksin.

Mengutip dari CNBC, Jumat (11/12/2020), Gilter mengungkap Walmart telah memiliki pendingin atau freezer dan es khusus di apotek yang akan digunakan untuk menyimpan vaksin di suhu yang tepat.

Walmart juga telah memberikan pembelajaran dan pelatihan kepada karyawan mengenai vaksin. Walmart juga memikirkan proses untuk membantu orang melacak kapan dosis pertama dan kedua diberikan. Vaksin yang diberikan membutuhkan dua dosis dan harus dipisahkan antara 21 atau 28 hari.

Persiapan yang dilakukan Walmart juga dengan menyediakan staf perawatan kesehatan yang mengelola jutaan dosis vaksin Corona.

"Dengan 90% populasi Amerika yang tinggal dalam jarak 10 mil dari Walmart, kami akan memainkan peran penting dalam memastikan mereka mendapatkan vaksin ketika mereka memenuhi syarat berdasarkan prioritas negara mereka, terutama mereka yang berada di bagian yang sulit dijangkau negara yang baru-baru ini dilanda epidemi, " kata Gilder

Walmart adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang bersiap akan membantu mendistribusikan vaksin. Ada enam kandidat vaksin, termasuk Pfizer dan BioNTech yang direkomendasikan oleh panel Food and Drug Administration (FDA). Jika FDA memberikan persetujuan, dua vaksin itu menjadi vaksin pertama yang didistribusikan di AS.

Ketersediaan vaksin dapat membantu memperlambat penyebaran dan mengembalikan perekonomian AS. Lebih dari 15 juta orang AS terinfeksi dan lebih dari 286.000 telah meninggal karena COVID-19. Rabu lalu menjadi hari dengan angka kematian tertinggi, pasalnya 3.124 orang telah meninggal dunia dalam sehari.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control (CDC) mengatakan petugas medis harus menjadi yang pertama mendapatkan vaksin Corona. Namun, CVS Health dan Walgreens membuat kesepakatan dengan pemerintah untuk memberikan vaksin kepada staf dan penghuni panti jompo dan fasilitas lainnya.

(ara/ara)