Sederet Crazy Rich Indonesia yang Kaya Raya dari 'Jualan' Rokok

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 13 Des 2020 13:03 WIB
10 Orang Terkaya RI 2020
Foto: 10 Orang Terkaya RI 2020 (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Daftar 50 orang terkaya Indonesia tahun 2020 telah dirilis Forbes. Daftar itu mencakup pebisnis dari beragam sektor, salah satunya hasil tembakau atau rokok.

Dilansir dari Forbes, Minggu (13/12/2020), urutan pertama dalam daftar tersebut masih diduduki oleh Budi Hartono dan Michael Hartono, kakak-beradik yang mengantongi kekayaan sebesar US$ 38,8 miliar atau setara Rp 547,8 triliun (kurs Rp 14.100). Keduanya telah mempertahankan posisi pertama sebagai orang terkaya Indonesia selama bertahun-tahun.

Kedua, Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk Susilo Wonowidjojo. Ia adalah putra dari mendiang pendiri PT Gudang Garam Tbk, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo yang meninggal sejak tahun 1985.

Berdasarkan catatan Forbes, kekayaannya mencapai US$ 5,3 miliar atau setara Rp 74,73 triliun, dan menduduki urutan ke-6 dalam daftar tersebut.

Pada akhir Oktober lalu, Susilo mendapatkan kabar duka di mana Ibundanya Tan Siok Tjien tutup usia. Wanita itu telah berperan sebagai pengendali Gudang Garam Tbk.

Ketiga, Putera Sampoerna yang merupakan cucu dari pendiri PT HM Sampoerna tbk, Liem Seeng Tee. Ia mengantongi kekayaan sebesar US$ 1,8 miliar atau setara Rp 25,40 triliun.

Putera telah berperan sebagai pemimpin perusahaan pembuat rokok itu selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2005, Putera menjual seluruh saham keluarga dari HM Sampoerna ke Phillip Morris seharga U$ 2 miliar. Kini, keluarganya fokus pada perusahaan Sampoerna Strategic yang fokus pada bisnis agrikultur, keuangan, telekomunikasi, dan timber atau produk kayu.

Mau tahu daftar 10 orang terkaya Indonesia? klik berita di bawah ini

(zlf/zlf)