Gaji PNS Mau Naik, Tunggu Apa Lagi?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 14 Des 2020 07:30 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Rencananya gaji PNS naik tahun depan. Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang menyusun skema gaji yang akan mengarah kepada kenaikan gaji pegawai negeri sipil.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama BKN, Paryono mengatakan wewenang BKN adalah mengenai skema penggajian PNS. Sedangkan kenaikan gaji ranah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati.

"Sebenarnya kalau yang BKN lakukan itu untuk membahas skema penggajian yang berbeda dari yang sekarang, bukan kenaikan gaji. Kalau kenaikan gaji, Kemenkeu yang tahu" kata dia melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (13/12/2020).

Skema gaji PNS, dijelaskannya masih dalam pembahasan untuk mendapatkan kesepakatan dari kementerian/lembaga terkait, yaitu Kemenkeu, Kemenpan-RB, Kemendagri, Kemenkumham, Setneg, dan pemda.

Dia menjelaskan bahwa diharapkan skema gaji ini akan mencapai kesepakatan pada tahun depan, dan akan berlaku setelah peraturannya diterbitkan.

"Target dan harapan semoga tahun depan bisa disepakati," tambahnya.

Sementara itu simulasi kenaikan gaji PNS belum mendapat kesepakatan dari bendahara negara. Penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2