Live d' Mentor: Bangkit dari Kebangkrutan

dtv - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 10:13 WIB
Jakarta -

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya seseorang harus melewati sebuah proses dan perjuangan. Kesuksesan tidak dapat diraih secara instan, seperti Sunil Tolani seorang CEO dari Calibreworks yang sudah bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri sejak usia 18 tahun. Sunil merupakan sosok entrepreneur yang merintis usaha dari nol, pernah mengalami beberapa kegagalan dalam berbisnis, hingga akhirnya kini menjadi pengusaha sukses yang bergerak di bidang digital agency, jasa pembuatan website dan aplikasi.

Sunil awalnya merupakan seorang karyawan di sebuah toko komputer di Jakarta. Karena ketertarikannya dengan dunia elektronik, Sunil menuangkan semua rasa penasarannya dengan belajar seluk beluk komputer rakitan hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja. Sunil kemudian melanjutkan karirnya dengan bekerja di salah satu bank swasta. Sama seperti pertama, ia bekerja sambil mempelajari proses kerja bank.

Saat itu, Sunil memiliki mindset harus bisa cepat kaya. Sunil kemudian bertekad membangun perusahaan sendiri yang menjual barang-barang elektronik seperti komputer, radio, televisi hingga permainan elektronik. Dari bisnis itu, Sunil bisa langsung membeli mobil impian dan properti. Namun, tak berapa lama Sunil bisa merasakan kesuksesan, ia harus mengalami keterpurukan dan harus berutang sebesar Rp 5 miliar.

Selain menjual semua aset yang dimilikinya, kondisi itu kemudian memaksa Sunil harus kembali bekerja ke orang lain agar bisa melunasi utang. Namun ketika ia berhasil melunasi utangnya, Sunil mencoba kembali mendirikan perusahaan, yakni perusahaan Sunil sekarang, Callibreworks. Hanya dalam tiga bulan, Sunil bisa merekrut pegawai dan kini tiap bulannya berhasil memiliki omzet hingga ratusan juta.

d'Mentor kali ini mengajak detikers baik karyawan atau bukan untuk memetik inspirasi dari jatuh bangun Sunil Tolani dalam merintis suatu usaha. Bagaimana ia melewati persoalan dalam perjalan bisnisnya? Mindset apa saja yang dimiliki Sunil agar bisa bangkit dari kebangkrutan? Semuanya akan dipaparkan Sunil dalam 'Bangkit dari Kebangkrutan' hari Selasa (15/12) pukul 16:30 WIB hanya di detikcom.

(gah/gah)