Mulai Jualan, Begini Cara Hadapi Persaingan Harga

ADVERTISEMENT

Mulai Jualan, Begini Cara Hadapi Persaingan Harga

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 08:40 WIB
Working at home
Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Dalam menjalankan usaha seperti berdagang pasti akan menemukan yang namanya persaingan. Mulai dari jumlah barang yang lebih banyak sampai harga pesaing bisa lebih murah. Lalu bagaimana caranya supaya tetap bisa eksis jualan meskipun dari segi harga kalah saing dari kompetitor?

CEO Calibreworks Sunil Tolani mengungkapkan penjual harus memiliki pelayanan dan nilai lebih dibanding kompetitor. "Sekarang service atau pelayanan dan value kita itu harus dinaikkan. Karena konsumen ada dua tipe price dan quality. Definisinya adalah relationship, kita harus membangun bisnis dengan pelayanan yang bagus jadi orang suka sama kita," kata dia dalam acara dMentor, Rabu (15/12/2020).

Dia menyebutkan pelayanan yang baik bisa menjadikan pembeli sebagai marketing secara tidak langsung.

"Pembeli bisa jadi marketing, karena dia akan merekomendasikan kita ke teman-temannya. Yang menawarkan murah banyak, tapi yang bagus berapa banyak. Jadi kalau kalah (persaingan) harga harus cari tahu dulu apa yang bisa kita lakukan, jangan give up," ujarnya.

Menurut Sunil para pengusaha juga harus memiliki komunikasi yang baik. Dalam berusaha ada hal yang harus di perhatikan pertama harus tulus dan tidak punya niat untuk memanfaatkan, kemudian membantu dan jujur.

Sunil mengungkapkan dalam menjalankan usaha kadang ada yang dibohongi oleh partner. Jika pengusaha masuk dalam fase ini bisa mengambil langkah untuk menjadi manusia yang lebih netral untuk menilai diri sendiri.

Jika sudah mendapatkan penilaian bisa kembali mulai usaha dan menghadapi persaingan. Kemudian melihat value diri sendiri, value partner dan value jika digabungkan.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT