Tegaskan Vaksin Gratis buat Semua, Jokowi: Jangan Ada yang Bayar!

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 16:05 WIB
Presiden Jokowi pidato dalam peringatan HUT IDI
Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengundang para pelaku usaha mikro, mulai dari pedagang kaki lima, pedagang asongan hingga pemilik warung rumahan ke Istana Kepresidenan. Mereka sebagai perwakilan untuk menerima bantuan modal UMKM sebesar Rp 2,4 juta.

Saat memberikan bantuan itu Jokowi mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Dia menegaskan bahwa para pelaku usaha mikro tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli vaksin.

"Semua akan mendapatkan vaksinasi gratis. Jangan ada beri uang (atau) bayar, (vaksinasi) gratis," ucapnya di halaman tengah Istana Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Namun Jokowi menegaskan vaksinasi gratis itu akan diprioritaskan untuk tenaga medis. Mulai dari dokter, suster hingga tenaga kesehatan lainnya.

"Kemudian juga TNI dan Polri karena beliau-beliau ini menjaga kedaulatan negara TNI, Polri menjaga ketertiban dan keamanan negara ini. Setelah itu ke guru, setelah itu semua akan mendapatkan vaksinasi gratis," tambahnya.

Jokowi meyakini para pelaku usaha mikro bahwa kondisi akan kembali normal setelah vaksinasi dilakukan. Untuk vaksinasi sendiri dia bilang akan dilakukan pada Januari 2021.

Untuk menunggu vaksinasi terlaksana, dia meminta para pelaku usaha mikro untuk tetap bertahan. Oleh karena itu pemerintah kembali memberikan bantuan modal UMKM sebesar Rp 2,4 juta.

"Saya ingin titip agar kita ini dalam kondisi seperti ini harus harus tahan banting, tahan uji, tahan terhadap tekanan-tekanan yang sulit. Sehingga nanti pada suatu titik normal kita sudah bisa kembali pada omset, keuntungan seperti Pada keadaan normal," ucapnya.

(das/eds)