ADVERTISEMENT

Gokil! Mantan Istri Jeff Bezos Sumbang Rp 59 T Buat Perangi Corona

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 22:15 WIB
MacKenzie Scott
Foto: Getty Images
Jakarta -

Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott telah berdonasi sebesar US$ 4 4,2 miliar atau sekitar Rp 59,43 triliun (kurs Rp 14.151) dalam 4 bulan untuk membantu warga Amerika Serikat (AS) yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Sumbangannya itu ia donasikan melalui organisasi yang memberikan makanan gratis pada orang tak mampu (food bank), dan juga dalam bentuk dana darurat (emergency relief funds).

Dilansir dari BBC, Rabu (16/12/2020), ia menulis di blog bahwa dirinya telah memilih 380 badan amal yang akan mengelola donasinya itu. Badan amal tersebut merupakan hasil seleksinya dari hampir 6.500 organisasi.

"Pandemi ini telah menghancurkan kehidupan banyak warga AS yang bahkan sudah kesulitan sebelumnya," kata Scott.

"Kerugian ekonomi, dan juga krisis kesehatan berdampak sangat buruk bagi perempuan, ras kulit berwarna, dan orang miskin. Sementara itu, kondisi ini malah menambahkan kekayaan sejumlah miliarder secara substansial," sambungnya.

Tak hanya itu, Scott juga menyumbang dana sebesar US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 24 triliun pada Juli lalu. Sumbangannya itu diberikan kepada 116 badan amal. Dengan angka tersebut, maka Scott telah menyumbang sebesar US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 83,49 triliun untuk memerangi Corona selama 2020.

Pada tahun 2019, Scott berjanji untuk mendonasikan sebagian besar kekayaannya dengan menandatangani Giving Pledge, yang merupakan komitmen orang-orang kaya untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka kepada dunia.

"Saya uang yang jumlahnya tak proporsional (sangat besar) dan perlu didonasikan," tulisnya dalam sumpah itu tahun lalu.

Sebagai informasi, Scott adalah orang terkaya ke-18 di dunia dengan jumlah kekayaan sebesar US$ 60,7 miliar atau setara Rp 859 triliun. Kekayaannya sebagian besar berasal dari perceraiannya dengan Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia. Scott memperoleh kekayaannya setelah Besoz memberikan 4% saham di Amazon usai bercerai.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT