ADVERTISEMENT

Buruan! Login Web dtks.kemensos.go.id, Cara Cek Bantuan UMKM

Rosmha Widiyani - detikFinance
Kamis, 17 Des 2020 19:15 WIB
Login dtks.kemensos.go.id untuk cek bansos Rp 300 Ribu
Ilustrasi/Foto: Kemensos
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan UMKM Rp 500 ribu untuk modal usaha. Bantuan disalurkan pada kelompok penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi yang punya usaha kecil.

"Bantuan untuk usaha kecil sudah ditangani kementerian sendiri. Karena itu, bantuan program kewirausahaan Kemensos menyasar taget spesifik," tulis Kemensos dalam situsnya.

KPM PKH Graduasi sempat tercatat dalam login dtks.kemensos.go.id. DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang dirintis Kemensos.

Bagaimana cara cek bantuan UMKM Rp 500 ribu Kemensos?

Penerima bisa login dtks.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah namanya masih dalam daftar. Namun bisa saja penerima bantuan UMKM Rp 500 ribu tak lagi menemukan namanya dalam DTKS.

Ini disebabkan KPM PKH Graduasi yang pernah menghuni daftar login dtks.kemensos.go.id sudah punya rintisan usaha. Mereka dinilai lulus PKH dan mampu mandiri secara ekonomi.

Meski begitu, kelompok KPM PKH Graduasi ini sebetulnya masih terkategori miskin dan rentan miskin. Bantuan UMKM Rp 500 ribu diharapkan bisa membantu mempertahankan rintisan usaha di tengah pandemi COVID-19.

"Rintisan usaha yang dikelola KPM PKH Graduasi ini adalah usaha ultra mikro. Kami tidak perlu mencari data baru dan fokus di usaha kecil," tulis Kemensos.

Bantuan UMKM Rp 500 ribu disalurkan pada 10.000 KPM PKH Graduasi yang punya usaha dan terdampak pandemi. Total anggaran mencapai Rp 5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).

KPM PKH Graduasi yang terseleksi nantinya bisa mendapat tambahan modal usaha Rp 3,5 juta per KPM. Mereka juga memperoleh pendampingan pengembangan usaha.

Bantuan UMKM Rp 500 ribu dibuat terintegrasi dan berkelanjutan dengan PKH. Peserta PKH dalam login dtks.kemensos.go.id harus bisa lulus dan mandiri dalam finansial

Kemensos menghubungkan KPM PKH Graduasi dengan KUR anggota Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Saat ini penyaluran KUR telah dimulai BNI yang dilanjutkan BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

(row/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT