Kursi Panas Menteri KP: Trenggono atau Sandiaga Uno?

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 13:29 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono
Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono. Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin makin kuat seiring lowongnya dua kursi menteri. Kursi yang kosong itu milik Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) dan Menteri Sosial (Mensos).

Muncul kabar Sakti Wahyu Trenggono yang kini menjabat Wamenhan bakal menjadi Menteri KP. Selain itu, nama pengusaha nasional Sandiaga Uno juga muncul.

Waketum Gerindra Habiburokhman menegaskan reshuffle adalah hak Presiden Jokowi. Gerindra tak mau berspekulasi, termasuk isu Trenggono jadi Menteri KP menggantikan Edhy Prabowo.

"Kembali lagi itu soal hak prerogatif Pak Jokowi selaku Presiden. Apakah akan mengangkat orang Gerindra atau bukan kita jangan intervensi," kata Habiburokhman, Senin (21/12/2020).

"Kami nggak mau juga berspekulasi apakah Pak Trenggono atau orang lain di KKP," imbuh dia.

Anggota Komisi III DPR ini yakin Jokowi mempertimbangkan banyak hal sebelum menunjuk menteri baru. Habiburokhman mengingatkan kerja berat dari Menteri KP yang baru.

"Soal siapa di kementerian apa pasti pertimbangannya banyak, terutama soal kapabilitas. Waktu kerja Menteri KKP baru praktis hanya sekitar 3,5 tahun lagi sementara beban kerja pasti berat," imbuh dia.

Nama Sandiaga Uno juga muncul disebut-sebut akan menggantikan Edhy Prabowo sebagai KP. Edhy telah mengundurkan diri dari jabatannya pasca tersangkut kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Selain santer dikabarkan menggantikan Edhy, Sandiaga Uno juga katanya bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan rapat antara Presiden dan Wapres membahas situasi terkini, bisa jadi soal reshuffle.

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," kata Masduki, Senin (21/2/2020).

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer atau Noel, mendapat informasi Jokowi bakal mengumpulkan menteri-menteri hari ini. Noel mendengar Jokowi akan membahas reshuffle.

"Iya, ngebahas soal reshuffle," kata Noel, sapaan akrabnya, dikonfirmasi terpisah.



Simak Video "Isu Reshuffle Menteri Jokowi, Ini Tanggapan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)