Catat! Rapid Test Antigen di 9 Stasiun Ini Cuma Bayar Rp 105 Ribu

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 05:48 WIB
Supir bus dan penumpang melakukan Rapid Tes Antigen di kawasan Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/12/2020).
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Per hari ini rapid test antigen menjadi syarat wajib perjalanan bagi penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa. Seiring dengan itu, KAI juga mulai menyiapkan layanan rapid test antigen murah yang akan tersedia di 9 stasiun.

Sejak kemarin, EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah mengatakan layanan rapid test antigen akan disediakan di beberapa stasiun KAI. KAI sendiri menyediakan layanan rapid test antigen di stasiun dengan harga Rp 105 ribu per sekali tes.

"Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup," ujar Dadan dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Kebijakan wajib rapid test antigen ini berlaku mulai besok sampai 8 Januari 2021. Rapid test antigen wajib dilakukan selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

Dari pantauan detikcom, langsung di Stasiun Gambir kemarin, petugas sudah mulai mengumumkan persyaratan rapid test antigen untuk pemberangkatan KA mulai besok secara berkala kepada penumpang di stasiun.

Ada tiga jadwal rapid test antigen di Stasiun Gambir. Untuk layanan pagi dibuka pada pukul 07.00-11.30 WIB. Kemudian, layanan siang dibuka pada pukul 12.30-18.00 WIB. Terakhir, layanan malam dibuka pada pukul 18.15-19.00 WIB.

Layanan ini pun cukup diminati banyak orang sejak dibuka kemarin, pada jam pelayanan siang di Stasiun Gambir, antrean calon penumpang yang hendak melakukan rapid test antigen mulai panjang sejak pukul 12.20 WIB. Padahal, loket baru dibuka pukul 12.30 WIB setelah istirahat siang.

Saking ramainya, tidak ada satu kursi tunggu yang kosong. Beberapa calon penumpang bahkan duduk di beton pembatas jalan.

Pada tahap awal sendiri KAI memberikan layanan rapid test antigen di 9 stasiun yang tersebar di seluruh Pulau Jawa, berikut daftar lengkapnya:
1. Stasiun Gambir
2. Stasiun Pasar Senen
3. Stasiun Kiaracondong
4. Stasiun Cirebon Prujakan
5. Stasiun Tegal
6. Stasiun Semarang Tawang
7. Stasiun Yogyakarta
8. Stasiun Surabaya Gubeng
9. Stasiun Surabaya Pasar Turi

(zlf/zlf)