Antrean Rapid Test Antigen di Gambir Membludak, Apa Kata KAI?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 12:45 WIB
Ratusan orang mengantre tes rapid antigen di Stasiun Gambir, Jakarta. Begini penampakannya.
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Antrean fasilitas rapid test antigen di stasiun kereta api membludak. Salah satunya di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat yang hingga pukul 08.45 WIB saja sudah tembus 920 antrean.

PT KAI (Persero) pun buka suara menanggapi hal tersebut. Menurut Kahumas KAI Daop I Eva Chairunisa pihaknya mengaku sudah melakukan antisipasi antrean panjang yang membludak. Dia pun tak menepis kebijakan wajib rapid test antigen ini akan menimbulkan antrean panjang di stasiun.

Di area Daop I KAI alias Jakarta, layanan rapid test antigen bisa dilakukan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Di awal kami sudah prediksi akan banyak yang memilih rapid antigen di stasiun, meski bisa di luar juga. Termasuk antrean yang mungkin terjadi," ujar Eva kepada detikcom, Selasa (22/12/2020).

Mengantisipasi hal itu, PT KAI pun memperbanyak petugas yang melakukan pengetesan rapid test antigen di Stasiun Gambir dan juga Stasiun Pasar Senen. Mulai dari tenaga pengetesan, hingga tenaga keamanan untuk mengatur antrean.

Untuk petugas yang melakukan ditambah hingga dua kali lipat. Titik pengetesan pun ditambah dari awalnya ada 5 titik, kini menjadi 10 titik.

"Kita memperbanyak tenaga dalam melakukan rapid (test antigen), kami perluas juga areanya. Petugas yang melakukan rapidnya ditambah bila dibandingkan rapid sebelumnya, kalau di awal biasanya ada 4-5 titik, kali ini kami buat 10 titik. Satu titik pengetesan itu sekitar 2 orang," jelas Eva.

Selanjutnya
Halaman
1 2