Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, Ini Profilnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 16:37 WIB
Sandiaga Uno akan menjalani debat calon wakil presiden malam ini. Sang ibu Mien Uno sempat memeluk Sandi jelang debat.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan merombak kabinet Indonesia Maju. Jokowi menunjuk Sandiaga Uno jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Bapak Sandiaga Salahudin Uno dia adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta dan di Hipmi. Saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi di Istana Merdeka, yang disiarkan melalui YouTube Sekretaris Presiden, Selasa (22/12/2020).

Sandiaga Uno jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio yang sebelumnya menjabat sebagai Menparekraf.

Sandiaga sendiri pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Dia dan Anies menang Pilkada DKI Jakarta di tahun 2017.

Namun, Sandiaga memilihi melepaskan jabatannya di sekitar tahun 2018 untuk mempersiapkan diri mengikuti ajang pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

Di ajang Pilpres 2019, Sandiaga mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil Presiden. Namun, langkahnya di Pilpres 2019 tidak beruntung, Joko Widodo dan Maruf Amin berhasil memenangi Pemilu 2019.

Sebelum Sandiaga jadi menteri, ia dikenal sebagai salah satu pengusaha ternama dan pegiat UMKM di Indonesia. Dia pun pernah aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia alias Hipmi.

(fdl/fdl)