Sandiaga Uno hingga M Lutfi Jabat Menteri, Ini Respons Ekonom

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 19:16 WIB
Presiden SBY melantik Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan RI yang baru di Istana Negara, Jumat 142 pukul 14.00 WIB. Lutfi dipilih untuk menggantikan Gita Wirjawan yang sudah resmi mengundurkan diri sejak beberapa waktu lalu.
Foto: Grandyos Zafna: Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menurut Yusuf, Sandiaga Uno belum ada track record secara profesional di bidang pariwisata namun ia adalah seorang pengusaha. Modal pengalaman itu dianggap sudah cukup sesuai dengan jabatan Menteri yang diterimanya.

"Untuk Sandi, sebelumnya beliau belum mempunyai latar belakang profesional di bidang pariwisata Namun demikian beliau mempunyai pengalaman panjang sebagai pengusaha. Tentu pengalaman ini bisa dijadikan modal awal yang bagus dalam misalnya merancang skema bisnis yang ideal untuk pariwisata, dan juga pemasaran pariwisata Indonesia, sebagai pengusaha tentu relasi beliau banyak dan beragam dari beragama kalangan," paparnya.

Sedangkan, untuk Muhammad Lutfi dirasa sudah sangat pas sekali sebab pernah menjabat Menteri Perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Jadi saya kira peran ini bukan sesuatu hal yang baru untuk beliau," tambahnya.

Terakhir, Sakti Wahyu Trenggono, meski tak punya track record di bidang kelautan dan perikanan, ia dikenal sebagai pengusaha.

"Pak Sakti, saya kira relatif sama dengan Pak Sandi. Beliau mempunyai pengalaman sebagai pengusaha panjang. Cuma tantangannya bagaimana menyesuaikan pada role baru yang akan dijalankan," imbuhnya.


(hns/hns)