Kaleidoskop 2020

Jutaan Buruh Diterpa Badai PHK

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 28 Des 2020 17:05 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Terpaan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi selama pandemi COVID-19. Jutaan tenaga kerja menjadi korbannya. Awalnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah tampak optimis gelombang PHK tidak akan berlangsung lama karena yakin ekonomi Indonesia pulih dalam beberapa bulan.

"Dalam beberapa bulan ke depan saya yakin perekonomian kita akan pulih," katanya melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat 17 April 2020.

Namun, beberapa ekonom menilai badai PHK akan berlangsung dalam waktu yang lebih panjang. Salah satunya ekonom senior sekaligus mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri, yang mengatakan gelombang PHK justru semakin masif seiring habisnya sumber daya yang dimiliki oleh para pengusaha.

"Akan jauh lebih masif," kata dia dikutip detikcom dari siaran CNBC Indonesia TV, Senin 4 Mei 2020.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet memperkirakan badai PHK akan mereda pada akhir tahun, tepatnya mulai kuartal IV-2020.

"Di kuartal keempat itulah kita bisa berharap lah ya proses dari gelombang PHK itu sedikit sudah mulai akan berkurang lah ya," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu 24 Juni 2020.

Untuk mengetahui gambaran gelombang PHK dari waktu ke waktu selama 2020, cek Kaleidoskop 2020 berikut yang dirangkum detikcom. Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2