OK Oce Masuk Program Parekraf? Sandiaga: Tak Ada Visi Pribadi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 28 Des 2020 20:30 WIB
Sandiaga Uno (Iswahyudi/20detik)
Foto: Sandiaga Uno (Iswahyudi/20detik)
Jakarta -

One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship (OK OCE) menjadi program yang erat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Program kewirausahaan ini bahkan sempat menjadi andalan saat ia menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, bahkan didengungkan dalam Pilpres 2019 lalu.

Saat ditanya awak media apakah akan dicoba di UMKM yang terkait pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ialah menyiapkan 5 destinasi wisata prioritas. Dia menekankan, tidak ada program visi pribadi, yang ada visi presiden.

"Pertama-tama, adalah arahan Bapak Presiden untuk penyiapan 5 destinasi super prioritas, itu yang akan menjadi prioritas. Visi kita adalah visi Bapak Presiden, tidak ada visi pribadi saya tapi visi Bapak Presiden," kata Sandiaga di Griya Santrian Bali, Senin (28/12/2020).

Dia mengatakan, seluruh program kementerian adalah mendukung terwujudnya visi presiden, tanpa menyinggung OK OCE. Pihaknya ingin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif cepat pulih.

"Dan seluruh program kementerian mendukung terwujudnya visi Bapak Presiden. Kita ingin sektor pariwisata bisa pulih dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, dan bisa membuka peluang lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif yang seperti kita lihat banyak teman-teman sekarang menghadapi kesulitan," paparnya.

Dia mengatakan akan menyampaikan hasil review sepekan ini dalam waktu dekat. Kembali, dia menekankan tidak ada program pribadi dan akan segera memutuskan program yang sejalan dengan visi presiden.

"Dan ini hasil review selama seminggu nanti akan saya sampaikan besok bahwa kita pilarnya ada inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Dan karena program ini adalah program kementerian tidak ada program pribadi saya, kita akan memutuskan program yang berjalan ini sejalan untuk mewujudkan visi Bapak Presiden dan kegiatan-kegiatan kewirausahaan," katanya.

"Penciptaan lapangan kerja berbasis kewirausahaan, baik kewirausahaan sosial baik kewirausahaan bisnis akan masuk pilar kolaborasi dan dengan siapa saja, dengan seluruh elemen masyarakat," jawab Sandiaga soal OK OCE.

(acd/fdl)