Sandiaga Dapat Kabar dari Luhut, Vaksinasi COVID Kuartal I-2021

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 29 Des 2020 18:10 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Dok. Detikcom
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin awal 2021 jadi momentum kebangkitan sektor pariwisata. Menurut Sandiaga proses pemulihan pariwisata dan vaksinasi COVID-19 akan berjalan beriringan

"Skenario kesehatan, pemulihan, keseimbangan, haruslah secara simultan berjalan. Langkah simultan ini harus berjalan sehingga kita bisa mendapatkan rebound dan awal 2021 adalah momentum pemulihan kita," kata Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2020 yang dilihat secara virtual, Selasa (29/12/2020).

Sandiaga mengatakan dapat kabar dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, vaksinasi akan dimulai kuartal I-2021. Sambil menunggu vaksin berjalan, proses pemulihan pariwisata dijalankan dengan protokol kesehatan ketat lewat 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan menerapkan K4 (kebersihan, kesehatan, keselamatan dan ramah lingkungan).

"Vaksinasi akan berjalan, saya bicara juga dengan Pak Luhut gimana (katanya) kuartal I. Tapi kita nggak perlu menunggu vaksin karena kita ada upaya 3M dan K4 di sektor pariwisata kita dan 2021 adalah momentum tahap awal pemulihan kita, tapi kita mesti disiplin," ucapnya.

Selanjutnya Sandiaga memaparkan 3 jurus mempercepat pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Pertama, inovasi yang membuat perubahan mendasar dalam mengembangkan lima destinasi super prioritas.

"Inovasi itu harus dilakukan, prioritasnya wisatawan domestik ada sport tourism, sepeda, open water swimming, hingga berbasis budaya ekowisata dorong hutan sosial dan health tourism," ujarnya.

Kedua, adaptasi dengan terus meningkatkan penerapan 'CHSE' atau K4 tadi di sektor-sektor pariwisata agar wisatawan yang datang dapat dengan nyaman datang ke lokasi tersebut.

"Dengan CHSE mereka akan merasa yakin bahwa tempat tersebut aman. Dalam hal ini kita bisa memberikan suatu standar tertentu dan kita berikan secara gratis dan akan terus kita lanjutkan 2021," imbuhnya.

Ketiga, yakni kolaborasi. Dalam upaya mendongkrak industri pariwisata dan ekonomi kreatif, semua para pemangku kepentingan dinilai harus saling bergandengan tangan memulihkan sektor ini.

"Kita nggak bekerja sendiri, tapi lintas sektor. Gimana kita mengajak visi ini bisa dieksekusi oleh teman-teman yang ada di daerah, menyamakan langkah dalam bentuk kolaborasi," tutur Sandiaga.

(hns/hns)