Sebut 2020 Tahun Berat, Jokowi: Krisis Melanda 215 Negara

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 19:28 WIB
Presiden Jokowi
Foto: KRIS/BIRO PERS SETPRES
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tahun 2020 merupakan tahun ujian yang amat berat bagi Indonesia dan juga dunia. Pandemi COVID-19 menjadi ujian nyata yang harus ditangani oleh Indonesia maupun dunia.

Hal itu disampaikannya melalui YouTube Sekretariat Presiden yang dikutip detikcom, Kamis (31/12/2020).

"Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2020, kita semua mencatat tahun 2020 sebagai tahun ujian yang amat berat. Pandemi COVID-19 mengakibatkan krisis kesehatan dunia, dan krisis perekonomian dunia yang melanda 215 negara," kata Jokowi.

Jokowi menganggap pandemi COVID-19 sebagai ujian berat lantaran banyak masyarakat yang terdampak, mulai dari kehilangan pekerjaan hingga kehilangan nafkah atau penghasilan.

Dia menyebut, total kasus positif COVID-19 secara dunia sudah mencapai 82 juta orang dengan angka kematian mencapai sekitar 1,8 juta orang.

"Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, banyak orang kehilangan nafkah yang membuat tahun 2020 merupakan krisis terberat dalam sejarah dunia," kata Jokowi.

Namun demikian, orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa menghadapi pandemi COVID-19 dengan ketegaran sehingga roda kehidupan masih bisa bergerak

"Kita mampu beradaptasi dengan cara-cara baru agar wabah ini bisa kita batasi, dan permasalahan perekonomian bisa kita selesaikan satu demi satu," tutur Jokowi.

(hek/hns)