Sejarah Indomie yang Belakangan Jadi Alat Transaksi Seks di Ghana

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 08:43 WIB
Bule Ini Punya Resep Indomie Andalan yang Gampang Dicontek
Foto: TikTok vsmancuso
Jakarta -

Indomie telah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, mi instan ini menjadi salah satu produk pangan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di Tanah Air.

Tak hanya di Indonesia, Indomie telah menjadi produk penting di luar negeri. Di Ghana misalnya, baru-baru ini muncul berita Indomie menjadi alat transaksi seks. Hal itu menunjukkan, Indomie menjadi salah barang penting di negara tersebut.

Menurut hasil penelitian salah satu pakar gender dan ketenagakerjaan, Bashiratu Kamal yang publikasikan dalam sebuah dialog nasional yang diadakan STAR Ghana Foundation, Indomie bahkan disebut menjadi salah satu penyebab tingginya angka kehamilan di Ghana.

Sebagai produk, Indomie memiliki umur yang cukup panjang. Sebagaimana dikutip dari situs Indomie dijelaskan, mi instan sendiri pertama kali dikenalkan dan dipasarkan di Jepang pada tahun 1958. Mi ini cepat diterima oleh masyarakat Jepang karena praktis dan rasanya yang enak.

Tak lama kemudian, popularitas menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Sementara, mi instan merek Indomie sendiri diluncurkan pada tahun 1971. Kala itu hanya tersedia rasa kaldu ayam. Pada tahun 1982, Indofood meluncurkan rasa mi goreng yakni varian kering pertama yang dikonsumsi tanpa kuah.

Produk ini terinspirasi dari sajian mi goreng tradisional Indonesia. Produk ini dengan cepat populer dan menembus pasar mi instan Indonesia.

Indomie terus berkembang dan semakin variatif rasanya. Saat ini, puluhan rasa Indomie mudah ditemui di minimarket-minimarket di Indonesia. Sebut saja Indomie mi goreng, hot & spicy, barbeque chicken, satay, rendang, iga penyet, cabe ijo, goreng soto, ayam, ayam spesial, kari, dan lain sebagainya.

Namun, Indomie bukanlah produk mi instan pertama di Indonesia. Seperti dikutip CNBC Indonesia, sejarah mi instan di Indonesia dimulai pada 1968 yakni ketika produsen mi instan Supermi, PT Lima Satu Sankyu (kemudian berganti nama menjadi PT Lima Satu Sankyu Indonesia dan PT Supermi Indonesia) didirikan.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2