Liputan Khusus

Mengenal Cosplayer, Fenomena Berpakaian Ala Film dari Hobi Jadi Profesi

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 10:45 WIB
Cosplayer
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Fenomena munculnya cosplayer bukanlah hal yang baru di Indonesia. Keberadaannya mungkin semakin sering kita lihat di tempat umum, di mana orang berpakaian dan berdandan ala tokoh-tokoh fiksi.

Cosplayer berkembang dan menjadi budaya pop yang dikenal luas di Indonesia sejak awal tahun 2000-an. Biasanya para penggemar cosplay 'mejeng' dalam sebuah acara khusus untuk menarik pengunjung.

Salah satu cosplayer Spiderman, Angga Aditya (31) mengaku sudah menjadi cosplayer sejak 2016. Alasannya masuk ke dunia itu karena sejak kecil menyukai Spiderman dan ingin merasakan jadi tokoh tersebut dengan cara memakai kostumnya.

"Awalnya memang saya suka Spiderman dari dulu. Tiba-tiba pengin deh ngerasain pakai kostum Spiderman, pengin tahu gimana rasanya gitu. Awalnya sih 2016 memang fokus di Spiderman, tapi awal tahun ini (ikut genre tokusatsu), pengin yang beda gitu," katanya saat bincang khusus dengan detikcom, Sabtu (26/12/2020).

Berdasarkan catatan detikcom, eksibisi cosplay berawal di Amerika Serikat (AS) pada dekade 1960-an. Kala itu para pecinta film fiksi ilmiah kerap kali mengadakan pertemuan. Dalam pertemuan tersebut, para nerd menggunakan kostum karakter di film-film fiksi ilmiah seperti Star Trek.

Di luar negeri, para cosplayer biasanya menyerbu berbagai acara konvensi komik dan animasi. Contohnya Comiket (Jepang) atau San Diego Comic Con dan New York Comic Con. Bahkan ada ajang khusus kompetisi cosplay internasional yaitu World Cosplay Summit di Nagoya (Jepang) yang diikuti para peserta dari puluhan negara.

Di Indonesia, komunitas cosplay mulai tersebar di berbagai kota. Tidak hanya Jakarta, tetapi juga Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, dan sebagainya. Komunitas-komunitas ini rajin berkumpul untuk sekedar berbagi pengalaman sampai pamer kostum terbaru dan mengikuti ajang lomba.

Maraknya aktivitas cosplay tentu menjadi sebuah peluang bisnis. Kini mulai banyak wirausahawan yang bergerak di bidang cosplayer untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Mau tahu bagaimana menjanjikannya profesi sebagai cosplayer? Simak dalam artikel detikcom yang tayang hari ini.

(zlf/zlf)