Liputan Khusus

Bukan Saham atau Deposito, Cosplayer Ini Pilih Investasi Kostumnya Sendiri

- detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 19:31 WIB
Cosplayer kamen rider, Ovic Yulkarnain
Foto: Cosplayer kamen rider, Ovic Yulkarnain (Istimewa)
Jakarta -

Berinvestasi saham atau deposito mungkin sudah biasa. Orang yang berprofesi sebagai cosplayer rupanya punya pilihan sendiri untuk mengamankan uangnya, dengan membeli kostum untuk diinvestasikan.

Cosplayer kamen rider, Ovic Yulkarnain (39) mengaku sengaja mengoleksi kostum untuk dijual kembali jika nanti sudah pensiun sebagai cosplayer. Dia mengaku saat ini memiliki 5 kostum dan belum pernah dijual sama sekali.

"Setiap kostum yang gua beli nggak bakal jadi barang mati lah, bisa dijual lagi dan nilainya tidak jatuh jauh terutama kalau tokusatsu yang mahal kan di helm kadang harganya tidak turun. Kalau dijual ke luar (negeri) malah lebih mahal. Kalau saya belum jual sih karena masih butuh. Mungkin nanti kalau pensiun," kata Ovic saat bincang khusus dengan detikcom, Sabtu (26/12/2020).

Berbeda dengan cosplayer Spiderman, Angga Aditya (31) mengaku sudah pernah menjual kostumnya tiga kali. Dari situ membuat koleksi kostumnya saat ini tersisa lima.

"Saya sudah beberapa kali jual kostum Spiderman yang sudah nggak kepakai, lumayan. Soalnya kebanyakan juga, kalau banyak-banyak juga jarang dipakai kan jadi jualin aja lah," ucapnya.

Angga menceritakan bahwa satu set kostum Spiderman dibelinya seharga Rp 5-10 juta, dari situ beberapa tahun mendatang dijual kembali dengan harga yang bernilai lebih tinggi.

"Kalau Spiderman paling mahal ada buatan Thailand hampir mirip kalau sampai sini kira-kira Rp 10 juta. Itu yang benar-benar hampir mirip," jelasnya.

Selain diinvestasikan, cosplayer Naruto, Jusuf Hamas Ramadhan (25) memilih agar kostumnya disewakan Rp 50 ribu per tiga hari. Penghasilan dari kostum yang disewakan itu disebutnya bisa membeli emas sebagai investasi.

"Kalau saya investasikannya itu ke kostum lain, bisa disewakan Rp 50 ribu per tiga hari, maksimal pengembalian seminggu. Jadi kita nggak ngapa-ngapain, kostum itu yang bekerja menghasilkan uang," imbuhnya.



Simak Video "Inilah Bahan-bahan untuk Buat Kostum Cosplay"
[Gambas:Video 20detik]
(Anisa Indraini/dna)