Wajib Tahu! Ini Sederet Bisnis yang Bakal Cuan di 2021

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 09:42 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tahun 2021 masih dibayangi dengan pandemi virus Corona (COVID-19). Pandemi yang merambah dunia dari tahun 2020 telah mengubah perilaku masyarakat sebagai konsumen. Otomatis, bisnis pun juga berubah.

Di 2020, bisnis dengan kategori produk peralatan hobi yang bisa dilakukan di rumah menjadi tren. Misalnya tanaman hias, ikan cupang, sepeda, dan sebagainya. Bisnis frozen food juga marak di 2020 karena masyarakat lebih banyak makan di rumah, dan mengurangi aktivitas makan di luar rumah.

Lalu, bisnis apa yang diprediksi cuan di 2021?

Menurut Co-Owner Gratyo Bandung sekaligus mentor bisnis Hendra Hilman, melihat bisnis yang berpotensi besar di 2021 dapat dilihat dari kebutuhan masyarakat yang masih dibutuhkan di tahun ini. Nantinya, dengan melihat kebutuhan masyarakat di tahun 2021, maka dapat dilihat kategori dan tipe bisnis yang berpotensi tumbuh pesat.

Pertama ialah kebutuhan untuk hidup sehat dan bersih, serta melindungi diri dari ancaman penyakit. Dengan melihat kebutuhan itu, maka bisnis dari kategori kesehatan dan kebersihan masih berpotensi cuan di 2021.

"Tipe bisnisnya bisa diciptakan. Pengusaha itu menciptakan, bukan hanya menjual produk orang lain, atau jadi reseller atau dropshipper. Bisa dengan bisnis masker buatan sendiri, hand sanitizer sendiri. Atau bisnis jasa, jadi infrastruktur yoga karena kita punya gerakan ciri khas Anda," kata Hendra dalam tayangan dMentor episode Potensi Bisnis 2021, Selasa (5/1/2021).

Kedua, bisnis jasa sebagai tutor online. Hendra mengatakan, dengan paksaan harus beraktivitas dari rumah, banyak orang yang ingin bisa berusaha dari rumah, mencetak uang dari rumah. Dari keinginan itu, ada potensi bisnis yang diprediksi cuan, yakni bisnis jasa sebagai tutor bisnis online, digital marketing, dan sebagainya.

"Jadi bisa saja kita punya pengalaman sendiri, dengan bisnis atau pekerjaan yang kita punya, kita bisa dapat uang. Nah, Anda bisa sharing ilmu itu ke orang lain. Anda buat video di Youtube. Ternyata, banyak yang menonton. Nah Anda bisa dikenal dengan e-learning atau tutorial online," jelas Hendra.

Berlanjut ke halaman berikutnya.



Simak Video "Usaha Yang Bakal Cuan Di 2021"
[Gambas:Video 20detik]