Pemerintah Sebar Insentif Pajak, Mobil Listrik di Norwegia Laris Manis

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 14:35 WIB
Tesla Model 3 Facelift
Foto: Prestige Image Motorcars
Jakarta -

Penjualan mobil listrik di Norwegia meningkat selama 2020. Hal itu didorong dari program insentif pajak yang cukup besar dari pemerintah Norwegia.

Mengutip dari CNN, Rabu (6/1/2020) program insentif pajak besar-besaran itu dilakukan sebagai upaya negara yang berharap mobil listrik akan menggantikan mobil berbahan bakar bensin mulai 2025.

Berdasarkan laporan dari Norwegian Road Federation (OFV) penjualan mobil listrik mencapai 54% dari total mobil baru yang dijual selama 2020, naik dari 42% pada 2019. Sedangkan mobil berbahan bakar bensin dan diesel, yang memiliki pangsa pasar gabungan 71% pada tahun 2015, catatan penjualannya hanya 17%.

Menurut CEO OFV Oyvind Solberg rekor penjualan mobil listrik di 2020 lebih cepat dari perkiraan.

Asosiasi Kendaraan Listrik Norwegia mengungkap insentif pajak membuat sebagian besar kendaraan listrik lebih murah untuk dibeli daripada harga mobil berbahan bakar bensin. Pembeli juga menikmati insentif lain termasuk dalam penggunaan jalur bus, pengurangan biaya untuk kapal feri dan biaya tol.

Produsen mobil yang mencatat penjualan terbesar di Norwegia yakni produsen mobil asal Jerman, Volkswagen. Menurut catatan total penjualannya menggeser Tesla.

Merek mewah Volkswagen Audi adalah yang paling laris di 2020 dan telah menjual 9.227 kendaraan e-tron. Sementara Tesla Model 3, ada di posisi kedua dengan 7.770 penjualan. Volkswagen ID.3 menduduki peringkat ketiga dengan 7.754 mobil terjual.

Norwegia merupakan produsen minyak mentah terbesar di Eropa Barat, yang telah menggunakan keringanan pajak untuk meningkatkan penjualan mobil listrik selama beberapa dekade.

Tidak hanya Norwegia, negara lain juga sedang mengejar ketinggalan. Inggris pada November lalu mengatakan akan melarang penjualan mobil berbahan bakar bensin pada 2030, lima tahun lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya.

(zlf/zlf)