Luhut Minta Sandiaga Perbaiki WC di Tempat Wisata

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 15:09 WIB
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meningkatkan 5 destinasi wisata prioritas. Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Luhut meminta Sandiaga lebih banyak mengalokasikan anggaran kementerian untuk melakukan hal tersebut.

Bahkan, Luhut juga meminta Sandiaga memperbaiki hal kecil seperti kualitas toilet-toilet pada destinasi wisata prioritas. Menurutnya, jangan sampai wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut," ujar Luhut dalam potongan video rapat koordinasi yang diunggah Kemenkomarves, dikutip Jumat (8/1/2021).

"Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," tegasnya.

Selain itu Luhut juga meminta Sandiaga mendorong pelaku ekonomi di tiap destinasi wisata melakukan transaksi pembayaran digital dengan penerapan QR Code QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Bank Indonesia.

"Lalu untuk terus meningkatkan penerapan QRIS di 5 destinasi," kata Luhut.

"Pak Menparekraf saya dengar katanya sudah ketemu dan akan mendesain platform supaya sebanyak mungkin menggunakan digital payment jadi tanpa cash lagi," lanjutnya.

(eds/eds)