Luhut Ingin Transaksi di Destinasi Wisata Pakai QR Code

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 15:24 WIB
Shell Skenario Forum digelar di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (14/8/2018). Acara itu dihadiri Menteri Koordiantor bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ingin penerapan pembayaran digital dapat ditingkatkan di destinasi pariwisata di Indonesia, khususnya pada lima destinasi prioritas.

Luhut pun meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk meningkatkan penerapan pembayaran digital dengan menggunakan QR Code QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Bank Indonesia pada destinasi pariwisata.

"Lalu untuk terus meningkatkan penerapan QRIS di 5 destinasi," kata Luhut dalam potongan video rapat koordinasi yang diunggah Kemenkomarves, dikutip Jumat (8/1/2021).

Luhut juga meminta pelaku usaha dompet digital bisa memberikan potongan pada transaksi di 5 destinasi wisata prioritas. Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Para pelaku usaha dompet digital agar dapat memotong digital micro payment di 5 destinasi tadi," kata Luhut.

Luhut juga mengatakan Sandiaga sendiri sedang mempersiapkan sebuah platform digital payment khusus yang digunakan di destinasi pariwisata. Dengan begitu transaksi yang ada di destinasi segera tak lagi menggunakan uang cash alias tunai.

"Pak Menparekraf saya dengar katanya sudah ketemu dan akan mendesain platform supaya sebanyak mungkin menggunakan digital payment jadi tanpa cash lagi," kata Luhut.

(eds/eds)