Bagi-bagi Modal Kerja Rp 2,4 Juta, Jokowi: Omzet Pedagang Turun

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 17:01 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja sebesar masing-masing Rp 2,4 juta ke pelaku UMKM.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagi-bagikan bantuan modal kerja Rp 2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro dan usaha kecil di Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi mengatakan dirinya memahami bahwa di masa pandemi virus Corona (COVID-19) ini omzet dan keuntungan pedagang turun.

"Saya bertemu seperti ini tidak hanya sekali, dua kali, 10 kali, lebih puluhan kali, baik di Jakarta, di Bogor, di daerah-daerah, saya selalu bertemu dan keadaan yang sama omzet pasti turun, keuntungan usaha pasti turun, benar? ada yang turun setengah, ada yang turun lebih dari setengah," kata Jokowi dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/1/2021).

Mantan Walikota Solo itu menjelaskan bahwa kondisi seperti itu dialami tak hanya pelaku usaha kecil tapi yang menengah dan besar juga. Bahkan, ada yang usahanya sampai tutup.

"Oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini kita memberikan bantuan modal kerja ini, saya kira bapak ibu sudah pegang semuanya, tadi sudah diberi tahu isinya? sudah? ya jadi isinya Rp 2,4 juta, ini agar ibu dan bapak sekalian pakai untuk tambahan modal usaha, untuk nambah dagangan sehingga bisa membesarkan usaha," paparnya.

Jokowi berharap para pedagang ini tidak menyerah oleh keadaan saat ini dan harus tetap berusaha keras.

"Harus tetap berusaha keras, bekerja keras agar bisa bertahan dalam kondisi yang sangat sulit ini, dan pada suatu titik nanti kita akan kembali Insyaallah, segera akan kembali ke keadaan normal. Ini harapan kita, kita berdoa semuanya," tambahnya.

(toy/dna)